Lima Kabupaten di Aceh Dilanda Banjir, Ribuan Jiwa Terdampak

- 21 September 2023, 17:38 WIB
Banjir Merendam Rumah Penduduk di Kabupaten Bireuen
Banjir Merendam Rumah Penduduk di Kabupaten Bireuen /Foto. Dok. BPBD Bireuen

PIKIRANACEH.COM - Sebanyak lima kabupaten di Provinsi Aceh dilanda banjir, mengakibatkan ribuan jiwa terdampak.

Banjir tersebut terjadi karena dipicu curah hujan dengan intensitas tinggi di Aceh sejak dua hari terakhir.

Hal itu diungkapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA).

Kepala Pelaksana BPBA Ilyas, Kamis, mengatakan hingga kini pemukiman penduduk di sebagian wilayah kabupaten itu masih terendam banjir, namun ada juga daerah yang debit air sudah mulai surut.

“Banjir terjadi di Kabupaten Bireuen, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya dan Simeulue,” kata Ilyas melalui keterangan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBA. Dikutip Antara.

Ia menjelaskan di Bireuen, banjir merendam sebanyak 22 gampong atau desa dalam dua kecamatan, sehingga berdampak pada 3.133 jiwa dalam 974 kepala keluarga (KK).

“Di Kecamatan Jeumpa terdapat delapan gampong dan Kecamatan Peudada 14 gampong. Kondisi terakhir air sudah surut,” kata Ilyas.

Kata dia, ada empat kabupaten lain yang masih digenangi banjir dan juga tanah longsor dipicu hujan deras seperti di Aceh Singkil yang berdampak pada tiga gampong dalam satu kecamatan. 

Petugas masih terus melakukan pendataan terhadap korban terdampak dan warga yang mengungsi. “Saat ini banjir dan longsor masih terjadi, serta kendaraan belum bisa melewati,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x