Pengawas Pemilu Dibekali Tips Menulis Rilis Mainstream di Media Sosial

- 4 Oktober 2023, 00:40 WIB
/


PIKIRANACEH.COM | LHOKSEUMAWE - Menulis berita di media online seperti blog, media siber atau situs portal berita, memiliki konsep tersendiri. Namun, untuk unsur penulisan tetap mengacu pada standar atau kaidah jurnalistik pada umumnya.

Untuk pengembangan dan penguatan kapasitas SDM dalam pers rilis dan penggunaan arus penyampaian informasi kepada publik Panwaslih Kota Lhokseumawe bekali jajaran sekretariat dan Panwascam dalam menulis pers rilis standar media mainstream.

Acara dibuka oleh Ayi Jufridar selaku Koordinator divisi Hukum,Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas, Panwaslih Kota Lhokseumawe kegiatan tersebut, Kegiatan ini menghadirkan dua orang narasumber dari kalangan Pers yakni Irmansyah Ketua AJI Kota Lhokseumawe dan Rahmad Yd yang merupakan wartawan Media Cetak ANTARA News.

Seluruh jajaran Panwaslu Kecamatan dan Sekretariat dibekali dengan berbagai teknis peliputan kehumasan dalam hal ini Irmansyah memberikan materi terkait Teknis Penulisan Rilis Berita Sedangkan Rahmad YD memaparkan materi terkait Teknis Fotografi Jurnalistik.
“Rilis berita harus disusun dengan jelas dan ringkas. Dan

juga mencakup informasi penting, seperti nama organisasi atau perusahaan, informasi kontak, tanggal dan waktu rilis, dan informasi utama yang ingin disampaikan”. Ujar Irmansyah.

Disisi lain Rahmad YD menyampaikan berbagai teknis fotografi dalam sebuah berita ia menuturkan pada saat meliputi sebuah berita atau kejadian, Untuk menghasilkan foto jurnalistik yang berkualitas, diperlukan teknik pengambilan foto yang tepat.

Adalah satunya adalah beberapa teknik pengambilan foto jurnalis yang perlu diketahui Angle.

“Beberapa angle yang umum digunakan dalam foto jurnalistik adalah: Eye level, Low angle, High angle, Dan Dutch angle.” Pungkasnya.

Adapun Irmansyah selaku Narasumber pada kegiatan tersebut memberi kiat kiat tips menulis di media digital saat ini diantatanya dengan teknik penulisan Piramida terbalik.

Halaman:

Editor: Mustakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x