Aceh Terima Insentif 10,4 Miliar, Ini Alasannya

- 5 Oktober 2023, 17:18 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan penghargaan insentif fiskal kepada sejumlah daerah dengan keberhasilan katagori tertentumdi Aula Mezzanine, Gedung Djuanda 1 Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (03/10/2023).
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan penghargaan insentif fiskal kepada sejumlah daerah dengan keberhasilan katagori tertentumdi Aula Mezzanine, Gedung Djuanda 1 Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (03/10/2023). /Pikiran Aceh/Kemenkeu/

Aceh Terima Insentif 10,4 Miliar, Ini Alasannya

PIKIRAN ACEH – Pemerintah Aceh mendapat insentif fiskal sebesar Rp 10,4 miliar dari Kementeri Keuangan (Menkeu)  karena berhasil menurunkan angka kemiskinan ekstrem dan penggunaan produk dalam negeri (PDN). Selasa (03/10/2023).

Rincian insentif tersebut berupa kategori kinerja penghapusan kemiskinan ekstrim mendapat insentif sebesar Rp5,2 miliar dan dari kinerja penggunaan produk dalam negeri mendapat insentif Rp5,1 miliar.

Dana insentif fiskal akan digunakan  untuk pengendalian inflasi di masa dimasa berikutnya.

“Kami berharap bagi daerah-daerah yang terus memunculkan prestasi bisa menjadi inspirasi, kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati saat memberikan penghargaan kepada daerah penerima alokasi insentif fiskal tahun berjalan, di Jakarta, Selasa (03/10).

Baca : Mantan Wakil Presiden RI: Dana Otsus Aceh Bisa Diperpanjang

Insentif fiskal untuk pengendalian inflasi diberikan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 350 tahun 2023. Daerah  yang memperoleh insentif ini dinilai berdasarkan sejumlah kategori, antar lain, pelaksanaan upaya pengendalian inflasi, kepatuhan dalam penyampaian laporan secara harian, stabilitas harga pangan yang diukur melalui indeks pengendalian harga, dan percepatan realisasi belanja yang khusus mendukung kegiatan pengendalian inflasi di daerah.

Menkeu berharap daerah penerima insentif fiskal bisa menggunakan dananya untuk pengendalian inflasi di masa selanjutnya.

“Saya dapat informasi bahwa untuk daerah-daerah penerima itu beda-beda. Jadi hari ini dapat, 3 bulan lagi daerah lain yang dapat. Jadi kompetisinya berjalan sangat baik,”  ujar Sri Mulyani

Halaman:

Editor: Muhammad Nasir

Sumber: Pikiran Aceh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah