RS Adam Malik Sukses Lakukan Transplantasi Ginjal Secara Mandiri

- 8 Mei 2024, 21:48 WIB
Dok. Humas RS Adam Malik
Dok. Humas RS Adam Malik /

 

PIKIRAN ACEH, MEDAN – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RS Adam Malik) sukses melakukan operasi transplantasi ginjal secara mandiri pada Senin (6/5/2024).

Operasi transplantasi ginjal secara mandiri yang pertama kali di RS Adam Malik ini dilakukan di Kamar Bedah Emergency (KBE) Gedung Instalasi Gawat Darurat RS Adam Malik sejak pukul 07.00 WIB pagi.

Operasi transplantasi ginjal ini sekaligus merupakan yang kedelapan kalinya dilakukan di RS Adam Malik sejak dimulai pada tahun 2017 lalu.

Selama ini, program tersebut dijalankan melalui pengampuan dari Tim Transplantasi Ginjal RS Cipto Mangunkusumo selaku rumah sakit pengampu nasional layanan uronefrologi.

Kemudian, RS Adam Malik dinilai sudah bisa melakukan operasi transplantasi ginjal ini secara mandiri sejak bulan Maret 2024.

Baca Juga: RS Adam Malik Medan Berhasil Lakukan Operasi Kasus Langka Polimelia pada Balita asal Aceh

“Ini adalah perjalanan panjang yang sudah dimulai sejak tahun 2017, sampai sekarang sudah tujuh tahun. Saya yakin tanpa komitmen yang kuat, baik dari tim pengampu maupun tim internal, ini tidak akan mungkin tercapai. Mudah-mudahan ini nantinya akan berkesinambungan untuk pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Direktur Medik dan Keperawatan RS Adam Malik dr Otman Siregar SpOT(K) dalam syukuran bersama tim sehari sebelumnya.

Sementara itu, Prof Dr dr Nur Rasyid SpU(K) dari Tim Transplantasi Ginjal RS Cipto Mangunkusumo meyakini program transplantasi ginjal di RS Adam Malik dapat berjalan dengan baik ke depannya.

“Kami sangat yakin bahwa Tim Transplantasi Ginjal RS Adam Malik akan sangat berkembang dengan baik. Dukungan dari manajemen akan membuat ini sustain (bertahan),” kata Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu pula.

Halaman:

Editor: Yusmadi Yusuf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah