Ketua DPRK Banda Aceh Terima Keluhan Warga Soal Rentenir Berkedok Koperasi

- 31 Oktober 2023, 21:03 WIB
Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar menerima keluhan warga saat menggelar rapat dengan masyarakat
Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar menerima keluhan warga saat menggelar rapat dengan masyarakat /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Warga Kecamatan Kuta Alam mengeluhkan aktivitas rentenir di Banda Aceh yang berkedok koperasi kepada Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar.

Hal ini disampaikan salah seorang peserta perwakilan majelis taklim dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Optimalisasi Pelaksanaan Syariat Islam di Kecamatan Kuta Alam yang berlangsung di Aula Bapelkes Aceh, Selasa (31/10/2023)

Peserta itu menuturkan, ada lembaga keuangan yang mengarah pada praktik ribawi sedang beroperasi di Kota Banda Aceh, seperti yang terjadi di Gampong Keuramat, Kecamatan Kuta Alam.

"Banyak tetangganya mulai terjerat utang dengan rentenir berkedok koperasi itu," tuturnya.

Baca Juga: Anies Baswedan Temui Kelompok Milenial di Aceh

Menurut warga tersebut, persyaratan yang ditawarkan untuk meminjam uang sangat mudah. Hanya dengan modal salinan KTP sudah bisa mencairkan uang, sedangkan pembayarannya sangat berat yaitu setiap minggu sekali.

“Jadi, sudah banyak yang terjerat. Contohnya, setiap minggu ada saja yang datang ke rumah meminjam uang untuk membayar kepada rentenir tersebut,” kata warga yang meminta namanya tidak ditulis.

Hal serupa juga disampaikan Jamaliah dari Gampong Keuramat, menurutnya kehadiran rentenir ini sangat memberatkan masyarakat, terutama ibu-ibu yang terperdaya dengan persyaratan yang mudah.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah