Recep Tayyip Erdogan: Arab dan Islam Harus Disatukan untuk Membebaskan Blokade Gaza

- 25 November 2023, 09:49 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan
Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Jalur Gaza harus dibangun kembali dan akan tetap menjadi tanah Palestina bahkan jika Israel mendudukinya. 

Baca Juga: Di Aceh Kendaraan Mati Pajak Bakal Tak Bisa Isi BBM Subsidi

Upaya Arab dan Islam harus disatukan untuk membebaskan blokade dari Gaza.

Erdogan menambahkan, “Saya berharap penderitaan saat ini adalah penderitaan akan lahirnya perdamaian yang telah diharapkan selama bertahun-tahun di kawasan kita dan negara Palestina yang akan mencapainya.”

Ia melanjutkan bahwa dunia Islam harus bersatu dan bergerak dalam semangat solidaritas melanjutkan tekad yang ditunjukkan pada KTT Riyadh dan melaksanakan keputusan-keputusan tersebut. 

Membebaskan Gaza dari blokade akan mungkin dilakukan dengan langkah-langkah dan strategi yang dikembangkan oleh negara-negara Islam melalui Organisasi Kerjasama Islam dan Liga Arab dan bukan oleh satu atau dua negara.

Erdogan mengatakan jatuhnya Gaza berarti persatuan dunia Islam terluka parah. Israel harus ditekan untuk mematuhi hukum internasional dan meminta pertanggungjawaban atas tindakannya.

Baca Juga: Pinang Aceh: Kualitas Premium, Harga yang Tak Terkalahkan

Mengenai pemindahan pasien dari Gaza ke Turki, Erdogan mengindikasikan niatnya untuk melanjutkan masalah ini, dan menambahkan bahwa ia mungkin akan segera mengunjungi Mesir untuk membahas percepatan evakuasi mereka dan banyak pasien telah dipindahkan dari Gaza ke Turki melalui Mesir.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah