Stabilkan Harga Ikan, Pemerintah Aceh Optimalkan Pengelolaan Cold Storage

- 16 Januari 2024, 18:48 WIB
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Aceh Aliman, S.Pi M.Si
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Aceh Aliman, S.Pi M.Si /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM – Pemerintah Aceh terus mengoptimalkan pemanfaatan Integrated Cold Storage (ICS) di Provinsi Aceh. Pemanfaatan ICS ini adalah salah satu komponen investasi perikanan, dimana dapat menjaga kesegaran dan kualitas produk perikanan sebelum sampai ke konsumen.

Pemanfaatan ICS juga sangat membantu stabilitas harga ikan terutama pada saat tangkapan laut melimpah.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aliman, S.Pi.,M.Si kepada PIKIRANACEH, (Selasa, 16/01/2024) merespon adanya lonjakan hasil tangkapan nelayan dalam beberapa hari yang lalu di berbagai daerah di Provinsi Aceh yang membuat stok ikan jenis tongkol (deho) berlebih. “Alhamdulillah dengan upaya bersama dan koordinasi yang baik dengan para pengelola cold storage, harga ikan dapat distabilkan dengan cepat”. Kata Aliman.

Aliman menjelaskan, pihaknya menjalankan kebijakan sesuai dengan kewenangan yang dimiliki terutama dalam memfasilitasi tata kelola hulu hilir sektor kelautan dan perikanan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Menurut pengamatan kami sejauh ini tata niaga hasil perikanan di pasar berjalan dengan baik dan menguntungkan semua pihak. Baik nelayan, pengusaha pengolahan, pengelola cold storage, dan yang terpenting masyarakat dapat memperoleh ikan dengan harga terjangkau dan kualitas mutu yang bagus," kata Aliman.

Baca Juga: Pj Gubernur Minta Conrad Asia Energy Percepat Eksplorasi Dua Blok Migas Ini di Aceh

Lebih lanjut ia menjelaskan, “hasil pendataan kami tahun 2023, saat ini ada 21 unit ICS yang tersebar di seluruh Aceh baik milik pemerintah maupun swasta, 17 diantaranya telah kita lakukan sertifikasi dan sudah memiliki Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) /Good Manufacturing Practices (GMP) dan beroperasi dengan baik, dan 1 unit sedang dalam pembinaan kelayakan pengolahan,” jelas Aliman.

Memang masih ada beberapa yang saat ini mengalami kendala dalam operasionalnya, dan itu terus dicari solusinya bersama pengelola dan pemerintah kab/kota di mana coldstorage itu berada.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah