Template Excel dan Ilustrasi Perhitungan Jatah Kursi Caleg, Download Disini

- 20 Februari 2024, 23:17 WIB
sainte lague ilustrasi
sainte lague ilustrasi /

Template Excel dan Ilustrasi Perhitungan Jatah Kursi Caleg, Download Disini

PIKIRANACEH.COM | POLITIK - Secara umum Sainte Lague adalah metode yang digunakan untuk menentukan jumlah kursi yang diperoleh partai politik berdasarkan perolehan suara nasional. Hal ini sejalan dengan penjelasan yang ada dalam buku 'Mengungkap Kedahsyatan Fungsi IF dan VLOOKUP Microsoft Office Excel' karya Johar Arifin, bahwa Sainte Lague merupakan salah satu metode perhitungan perolehan suara untuk menentukan kursi di parlemen.

 

Metode ini dikemukakan oleh Andre Sainte-Lague, seorang matematikawan asal Perancis pada tahun 1910. Dijelaskan bahwa perhitungan kursi yang dikemukakan oleh Andre Sainte-Lague adalah metode rata-rata tertinggi.

Metode tersebut digunakan untuk menentukan jumlah kursi yang telah dimenangkan dalam suatu pemilihan umum.

Lebih lanjut dijelaskan dalam buku 'Demokrasi dan Politik Elektoral di Indonesia' karya Ucu Martanto dan Zadina Abadi, dijelaskan bahwa Sainte Lague murni berdampak sangat tidak menguntungkan bagi partai kecil, sebaliknya sangat menguntungkan bagi partai besar.

Lain halnya dengan Sainte Lague modifikasi yang justru menguntungkan partai kecil. Diketahui bahwa perhitungan transfer suara berdasarkan rata-rata tertinggi dengan metode Sainte Lague ini telah dilakukan sejak Pemilu 2019.

 

Halaman:

Editor: Mustakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x