Pemerintah Aceh Diminta Terbuka ke Publik soal Formulasi APBA untuk PON 2024, Ini Sebabnya

- 3 April 2024, 02:54 WIB
Logo PON XXI Aceh Sumut 2024
Logo PON XXI Aceh Sumut 2024 /Brave/Panitia PON XXI

PIKIRANACEH.COM - Pemerintah Aceh diminta terbuka kepada publik terkait formulasi dana Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2024.

Mengingat dana tersebut tak boleh digunakan pada event olahraga itu.

Permintaan itu disampaikan oleh Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh.

"Pemerintah Aceh tidak terbuka kepada DPRA perihal formulasi anggaran PON. Sebab PON tidak boleh menggunakan APBA," kata Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh M Rizal Falevi Kirani, pada Selasa 2 April 2024.

Pernyataan itu disampaikan Falevi Kirani usai diskusi publik Aceh Resource and Development (ARD) yang bertajuk 'Pj Gubernur Aceh Berganti, Ditunggu Gerak Cepatnya.

M Rizal Falevi menjelaskan larangan penggunaan anggaran daerah untuk PON tersebut sudah dibahas bersama dalam paripurna pembahasan APBA sebelumnya.

Selain itu, kata dia, Komisi V DPRA juga sudah menyurati pemerintah tentang bagaimana formulasi PON, karena memang untuk kegiatan itu tidak boleh menggunakan dana otonomi khusus (Otsus) Aceh.

Namun, sejauh ini pihaknya belum mengetahui apakah ada dimasukkan APBA dalam hal ini dana otsus untuk PON atau tidak, karena DPRA belum menerima dokumen pelaksanaan anggaran (DPA).

"Hingga kini kami belum memegang DPA mengenai hal itu, sehingga kami belum bisa melihat APBA secara detail," ujarnya.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x