Stok Hewan Kurban di Aceh Tamiang Capai 2.808 Ekor

- 13 Juni 2024, 15:24 WIB
Kadis Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang, Yunus SP
Kadis Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang, Yunus SP /pikiran aceh/nasir/

PIKIRAN ACEH | ACEH TAMIANG -  Stok hewan qurban untuk kurban pada hari tasyrik tahun 1445 hijriah di Aceh tamiang mencapai 2.808 ekor dan tersebar di seluruh kampung di Aceh Tamiang.

Jumlah hewan kurban tersebut terdiri 2.059 ekor sapi, 403 ekor kambing,  346 domba, semuanya tersebar di semua desa yang ada di 12 kecamatan di Aceh Tamiang.

“Untuk hewan kurban domba yang tidak ada di Kecamatan Manyak Payed dan Bandar Pusaka,” ujar Kadis Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang, Yunus SP kepada pikiran aceh, kamis (13/6/2024)

Baca : Hati-Hati Penipuan Hewan Qurban Mengatasnamakan Ilham Pangestu, Ini Modusnya

Sedangkan untuk realisasinya baru kita ketahui pasca hari tasyrik, sesuai arahan Pj Bupati Aceh Tamiang yang meminta para Datok Penghulu (Kades) di Aceh tamiang melaporkan realisasi hewan kurban di masing –masing kampung kepada Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang.

Pada tahun lalu lanjut Kadis, realisasi hewan kurban di Aceh Tamiang sebanyak 2.326 ekor dengan rincian 1716 ekor sapi/kerbau, 335 ekor kambing, 275 ekor domba.

Ilustrasi : Sapi Kurban 2024
Ilustrasi : Sapi Kurban 2024

“Hewan kurban tersebut semuanya berasal dari Aceh Tamiang,” demikian Kadis Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang, Yunus SP.

Datok Penghulu Kampung Johar, Abdul Muluk mengatakan, tahun ini hewan kurban di kampungnya sebanyak 11 ekor sapi jumlah tersebut berkurang dibandingkan tahuan sebelumnya sebanyak 15 ekor. 

Halaman:

Editor: Muhammad Nasir

Sumber: Pikiran Aceh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah