Shopee Juarai Kepuasan Konsumen E-Commerce, Buktikan Pengalaman Belanja Terbaik

- 24 Juni 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi belanja online.
Ilustrasi belanja online. /Pixabay/rehanattiq/

PIKIRAN ACEH.com | NEWS - IPSOS melakukan riset bertajuk “Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce. Tujuan dari riset ini adalah melihat situasi pasar digital pada awal tahun 2024 yang terus bergerak mengikuti perkembangan kebutuhan dan preferensi masyarakat. Mereka yang rutin berbelanja online melalui berbagai e-commerce, dilibatkan sebagai responden. Tujuannya, mencari tahu aspek-aspek apa saja yang memengaruhi preferensi konsumen dalam berbelanja. Riset IPSOS melalui Online Panel itu menunjukkan keunggulan Shopee dalam menyediakan dan memberikan kepuasan tinggi dalam hal pengalaman berbelanja online. Pengalaman belanja online dari hulu ke hilir memengaruhi indikator tingkat kepuasaan yang berbanding lurus dengan aspek rekomendasi. Keunggulan Shopee dalam hal kepuasan itu tercantum dalam data. Shopee (62%) dijadikan pilihan pertama untuk direkomendasikan konsumen kepada kerabat dekatnya. Posisi kedua ada Tokopedia (46%). Posisi ketiga ditempati TikTok  Shop (42%). Posisi keempat ditempati Lazada (36%). Data ini semakin menegaskan Shopee sebagai e-commerce yang paling mampu memberikan kepuasan bagi para konsumen.

Andi Sukma, Executive Director IPSOS Indonesia mengatakan, “Sejak kehadiran platform e-commerce di tengah masyarakat, kecenderungan masyarakat untuk memilih belanja online sebagai alternatif utama dalam memenuhi kebutuhan terus berkembang. Seiring dengan meningkatnya popularitas belanja online, para platform e-commerce pun harus menyesuaikan strategi dan menghadirkan sejumlah inovasi guna menghadirkan pengalaman belanja online yang memuaskan bagi pengguna dengan preferensi yang semakin beragam. Melalui riset IPSOS kali ini, kami ingin mengidentifikasi platform Marketplace mana yang berhasil unggul dalam skala tingkat kepuasan pengguna serta aspek apa saja yang mempengaruhi pilihan tersebut.”

Infografis kepuasan konsumen.
Infografis kepuasan konsumen.

Infografis kepuasan konsumen.
Infografis kepuasan konsumen.

Solusi Platform E-Commerce Melengkapi Rasa Nyaman Berbelanja Online

Komitmen para platform e-commerce dalam memberikan pengalaman berbelanja holistik terbaik bagi pengguna mendorong lahirnya sejumlah fitur dan program inovatif. Hal ini dilakukan para pemain di industri sebagai upaya untuk memahami dan menyesuaikan platform mereka dengan kebutuhan serta preferensi konsumen yang dinamis. Setelah sebelumnya menggaet pengguna dengan beragam strategi yang fokus terhadap aktivitas berbelanja, kini untuk melengkapi pengalaman belanja holistik terbaik, platform e-commerce berlomba-lomba untuk meningkatkan layanan pengiriman yang cepat dan aman, serta memastikan proses pengembalian yang mudah dan efisien.

Riset IPSOS yang dilakukan pada awal Juni 2024 ini mengungkap beberapa temuan menarik yang menjadikan Shopee terdepan dalam keamanan dan kenyamanan belanja online. Temuan riset ini mengungkap bahwa Shopee (60%) menjadi aplikasi belanja online atau e-commerce yang paling unggul dalam hal kecepatan pengiriman disusul oleh Tokopedia (16%)Lazada (13%) dan TikTok Shop (9%). Maka dari itu, tidak  heran jika Program "Garansi Tepat Waktu" menjadi salah satu bentuk wujud komitmen Shopee dalam memberikan kepastian waktu pengiriman bagi penggunanya. Program Garansi Tepat Waktu dari Shopee paling dikenal secara luas oleh 71% responden, jauh melampaui program serupa dari platform e-commerce lain seperti Tokopedia (43%), Lazada (37%), dan TikTok Shop (27%).

Infografis kepuasan konsumen.
Infografis kepuasan konsumen.

Setelah paket sampai, terkadang ada hal di luar kendali yang membuat pembeli harus mengembalikan pesanan kepada penjual. Untuk itu, kebijakan pengembalian barang yang mudah juga dinilai penting dalam melengkapi pengalaman belanja holistik pengguna. Jika melihat dari layanan Garansi Bebas Pengembalian66% pengguna menyadari bahwa Shopee memiliki proses pengembalian barang tercepat, dibandingkan Tokopedia (15%)Lazada (11%), dan Tiktok Shop (8%). Program Garansi Bebas Pengembalian dari Shopee juga dikenal jauh lebih luas oleh 77% responden, jauh di atas program serupa dari platform e-commerce lainnya, seperti pada Tokopedia (47%)Lazada (44%), dan TikTok Shop (31%).

Strategi Platform E-Commerce dalam Menghadirkan Pengalaman Belanja Secara Holistik

Di samping program terbaru yang menjamin pengiriman dan pengembalian pesanan, para pemain e-commerce juga tidak luput dalam mengembangkan berbagai aspek yang telah lebih awal menarik hati pengguna dan sangat berpengaruh dalam tingkat kepuasan konsumen dalam berbelanja online. Untuk diteliti secara komprehensif, tabel dibawah ini menunjukkan aspek-aspek tersebutdisertai dengan skor kepuasaan yang diraih oleh setiap e-commerce, dengan skor paling tinggi di angka 5:

Tabel kepuasan konsumen.
Tabel kepuasan konsumen.

Dari data di atas, terlihat bahwa Shopee mengungguli semua aspek yang dicari ketika berbelanja melalui platform e-commerce, jauh melampaui platform lainnya. Menelaah lebih lanjut, berikut beberapa aspek yang dinilai esensial oleh responden dalam menentukan tingkat kepuasan berbelanja online:

Halaman:

Editor: Mustakim


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah