Erick Thohir Minta BSI Perkuat keamanan IT

- 14 Mei 2023, 15:10 WIB
Erick Thohir Minta BSI Perkuat keamanan IT | NET
Erick Thohir Minta BSI Perkuat keamanan IT | NET /

PIKIRANACEH.COM - Menteri BUMN Erick Thohir bersuara tentang masalah yang membuat layanan PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk sempat "lumpuh" pada Senin 8 Mei 2023 dan kini mulai pulih, bahwa telah terjadi serangan terhadap sistem IT yang membuat BSI down.

Baca Juga: TERUNGKAP, Impian Alfi Damayanti Karyawati Cikarang, Hanya Inginkan Ini dari “Drama” Staycation

"Ada serangan, saya bukan ahlinya. Disebutkan ada tiga poin apalah itu sehingga mereka down hampir satu hari. Saya pantau Pak Dirut dan timnya ada di sana dan terbukti kemarin pagi atau sore kalau tidak salah, sistem ATM-nya mulai jalan," kata Erick di Cafe dan Money Changer Marina Bay, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu 10 Mei 2023.

BSI mengalami gangguan sejak awal pekan ini yang berdampak pada nasabah, terutama di Provinsi Aceh yang di daerah itu hanya boleh bank syariah yang beroperasi.

Erick Thohir meminta BSI untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat termasuk memperbaiki kualitas keamanan IT agar gangguan terhadap aplikasi atau mobile banking dan jaringan BSI tidak terulang kembali. Pemerintah pusat dan daerah, khususnya di Aceh, sudah melakukan kebijakan yang berpihak untuk pengembangan perbankan syariah, sehingga hal itu tak boleh disia-siakan oleh manajemen BSI.

"Tentu tidak cukup keberpihakan, tidak cukup juga kinerja yang makin bagus, tetapi pelayanan yang harus ditingkatkan," katanya.

Menteri BUMN menyampaikan gangguan yang terjadi merupakan bagian dari proses transisi perbaikan sistem IT BSI. Kendati demikian, Erick tak menampik terjadinya serangan terhadap sistem IT BSI.

Erick menyampaikan perbaikan sistem IT merupakan bagian dari transformasi BUMN dan dia optimistis manajemen BSI dapat meningkatkan keamanan dan layanannya.

Baca Juga: Termasuk Aceh, Ini 32 Provinsi Terancam Kekeringan di Indonesia Akibat El Nino, Waspada Suhu Lebih Panas

Halaman:

Editor: Muchsin Fajri


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah