Pecahan Uang Kertas Rupiah Emisi 2022 Raih Penghargaan Internasional

- 20 Mei 2023, 16:44 WIB
Pecahan Uang Kertas Rupiah Emisi 2022 Raih Penghargaan Internasional | NET
Pecahan Uang Kertas Rupiah Emisi 2022 Raih Penghargaan Internasional | NET /

PIKIRANACEH.COM - International Association of Currency Affairs (IACA) menobatkan uang kertas rupiah tahun emisi 2022 sebagai best new banknote series pada Currency Award ke-17.

Ada tujuh pecahan uang kertas rupiah yang terdiri dari Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, Rp1.000 yang mendapat penghargaan dari IACA dalam ajang Currency Award 2023 yang berlangsung di Meksiko.

Baca Juga: Jebakan Middle Income Trap Hantui Perekonomian Indonesia

Uang kertas Rupiah bersanding dengan empat finalis lainnya yaitu Bank Sentral Costa Rica, Bank Sentral Meksiko, Bank Sentral Filipina, dan Bank Sentral Bahamas.

Currency Award merupakan penghargaan yang diberikan terhadap pencapaian atas perkembangan dan inovasi di sektor pembayaran tunai yang diikuti oleh 29 negara pada tahun 2023.

IACA sendiri berkedudukan di Texas, AS, yang berdiri pada tahun 2004 sebagai organisasi non-profit independen yang mendorong kualitas siklus uang tunai.

Organisasi tersebut berfungsi sebagai wadah konsultasi dan kolaborasi bagi para pelaku sistem pembayaran tunai yang anggotanya terdiri dari bank sentral, otoritas penerbit uang, serta industri seperti perusahaan pencetakan uang dan pemasok bahan materialnya.

Dikutip dari laman Bank Indonesia, unsur penilaian yang dilakukan pada ajang penghargaan dari IACA Currency Award tersebut meliputi inovasi dan keunikan fitur keamanan, integrasi unsur sejarah dengan konten lokal yang berkaitan dengan negara penerbit, efektivitas dari integrasi fitur keamanan, dan estetika tampilan serta desain uang kertas.

Rupiah berhasil unggul dari kriteria penilaian tersebut, khususnya dalam segi desain dan fitur keamanannya.

Halaman:

Editor: Muchsin Fajri


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x