Investasi Usaha dapat Meningkatkan Kesejahteraan

- 26 Juli 2023, 16:31 WIB
Desi Ardiyanti Mahasiswi LP3I Banda Aceh
Desi Ardiyanti Mahasiswi LP3I Banda Aceh /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Investasi bisnis muncul awalnya pada abad ke 18 sebagai bentuk keinginan masyarakat di Eropa yang menginginkan pengaturan sebuah negara tidak hanya harus dari pemuka agama sebagai penasihat terhadap sebuah kegiatan yang ingin dilakukan, sehingga muncullah revolusi industri yang membuat banyak orang menganggur akibat pekerjaan yang tergantikan oleh mesin.

Investasi secara keilmuan berkembang seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dalam bidang ekonomi terutama ekonomi makro sebagaimana dicetuskan oleh Adam Smith.

Seiring berjalannya waktu, investasi bisnis (usaha) semakin dikenal oleh banyak orang sebagai salah satu upaya seseorang dalam membangun bisnis, karena dalam hal ini investor (pemberi investasi) dan pemilik usaha melakukan sebuah kesepakatan yang nantinya akan saling menguntungkan.

EkoBaca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Jauh di Atas Rata-Rata Pertumbuhan Dunia

Tidak hanya sampai di situ, investasi juga banyak dilakukan di berbagai sektor, yang tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan revenue atau hasil dari modal yg di tanamkan.

Hal ini tentu berdampak positif terhadap perkembangan ekonomi yang ada di Indonesia. 

Semakin banyak usaha yang dibuka atau dijalankan, maka akan semakin banyak juga kebutuhan usaha tersebut terhadap tenaga kerja. Sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ekonomi modern ini jumlah pengangguran yang ada di Indonesia dapat berkurang, dan kesejahteraan ekonomi maupun masyarakat di Indonesia dapat tercapai.

Investasi tidak selamanya berjalan indah, banyak oknum yang mengambil kesempatan dari kegiatan yang satu ini, seperti menciptakan "investasi bodong" akhir-akhir ini marak terjadi.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah