9 Cara Mengelola THR Lebaran 2024 Agar Tidak Cepat Habis

- 31 Maret 2024, 15:00 WIB
KLAIM SEKARANG! Google Bagi-bagi THR hingga Rp800.000! Begini Cara Dapatkan Saldo DANA Gratis!
KLAIM SEKARANG! Google Bagi-bagi THR hingga Rp800.000! Begini Cara Dapatkan Saldo DANA Gratis! /ist

PIKIRANACEH.COM | EKONOMI - Sudah menerima tunjangan hari raya (THR) untuk lebaran 2024? Kalau sudah menerima maka THR perlu dikelola dengan bijak. Jika tidak, THR bisa cepat habis dalam sekejap karena membeli barang atau kebutuhan yang sebenarnya tidak diperlukan.

Menurur Perencana Keuangan Rista Zwestika, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah menerima THR lebaran, salah satunya dengan melunasi utang atau cicilan.

“Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat mengatur dan mengelola THR dengan lebih baik, sehingga dapat bertahan lebih lama dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi keuangan Anda,” kata Rista kepada JIBI, dikutip pada Sabtu (30/3/2024).

Ini cara mengelola THR agar tidak cepat habis langsung dari pakar:

1. Buat Pencanaan Anggaran

Langkah utama yang harus dilakukan setelah menerima THR adalah membuat anggaran keuangan yang jelas. Caranya, dengan menentukan berapa jumlah THR yang diterima dan alokasikan dengan bijak untuk kebutuhan yang paling penting.

2. Utamakan Kebutuhan Mendesak

Hal ini dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan pokok seperti makanan, tagihan rutin, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Pastikan untuk memprioritaskan penggunaan THR untuk hal-hal ini terlebih dahulu.

3. Jangan Mudah Tergoda

Untuk itu, masyarakat perlu menghindari godaan untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan hanya karena memiliki THR. “Pertimbangkan dengan bijak sebelum membuat pembelian besar atau impulsif,” ucapnya.

4. Tabung sebagian THR

Setelah mendapatkan THR, tidak ada salahnya pertimbangkan untuk menyisihkan sebagian dari THR untuk tabungan atau investasi. Dengan menyimpan sebagian THR, ini bisa menjadi modal untuk masa depan atau untuk mengatasi kebutuhan mendesak di kemudian hari.

5. Gunakan untuk melunasi utang

Apabila memiliki utang atau cicilan yang perlu dibayar, maka pertimbangkan untuk menggunakan sebagian dari THR untuk membayar utang guna mengurangi beban finansial di masa mendatang.

Halaman:

Editor: Mustakim


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x