Jamaah Calon Haji Aceh Utara Mengikuti Manasik Haji Di Mesjid Bujang Salim

- 20 Mei 2023, 17:59 WIB
Ratusan jamaah Calon Haji (Calhaj) yang akan menunaikan ibadah haji tahun 1444 H / 2023 M, mengikuti kegiatan manasik haji dipusatkan di Masjid Raya Bujang Salim Krueng Geukueh Kecamatan Dewantara, Sabtu, 20 Mei 2023
Ratusan jamaah Calon Haji (Calhaj) yang akan menunaikan ibadah haji tahun 1444 H / 2023 M, mengikuti kegiatan manasik haji dipusatkan di Masjid Raya Bujang Salim Krueng Geukueh Kecamatan Dewantara, Sabtu, 20 Mei 2023 /Syahrul, pikiranaceh.com/Dok Humas Pemkab Aceh Utara

PIKIRANACEH.COM - Ratusan jamaah Calon Haji (Calhaj) yang akan menunaikan ibadah haji tahun 1444 H / 2023 M, mengikuti kegiatan manasik haji dipusatkan di Masjid Raya Bujang Salim Krueng Geukueh Kecamatan Dewantara, Sabtu, 20 Mei 2023. 

Asisten I Setdakab Aceh Utara Dayan Albar, SSos, MAP dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para Calhaj yang tahun ini mendapat kesempatan untuk memenuhi panggilan Allah SWT untuk menjadi zuyufur rahman, sebagai tamu yang mulia menuju ke Tanah Suci.

 

"Saya merasa sangat berbahagia karena bisa bertatap muka dengan Teungku-Teungku dan Bapak – Ibu sekalian. Alhamdulillah, Allah SWT telah memilih Teungku-Teungku, Bapak – Ibu dan saudara-saudari sekalian untuk menjadi tamu Allah pada tahun 1444 H/2023 M ini dari sekian banyak umat lainnya yang menunggu hingga puluhan tahun," kata Dayan.

 

Inilah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh para jamaah haji, dengan sabar menanti untuk memperoleh kesempatan menunaikan rukun Islam yang ke 5 (lima). Pergi haji ke Baitullah di Makkah Al-mukarrahmah adalah ibadah yang membutuhkan pengorbanan ganda, baik fisik, materi, dan memenuhi persyaratan istita’ah (mampu segala-galanya), terutama mampu membayar Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), mampu melaksanakan rukun dan wajib haji, serta mampu membiayai keluarga yang ditinggalkan selama melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. 

 

Juga tidak kalah pentingnya adalah mampu mengendalikan diri/ sabar dalam menghadapi berbagai macam cobaan, baik di dalam perjalanan menuju Tanah Suci Mekkah hingga dalam pemondokan atau maktab yang disediakan oleh pemerintah.

 

"Untuk itu pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan beberapa hal kepada calon jamaah haji," lanjut Dayan.

Halaman:

Editor: Syahrul


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x