Pesawat Smart Air Ditembaki KKB Papua

- 19 Juli 2023, 09:34 WIB
Foto: Penampakan pesawat Smart Air yang diduga ditembaki KKB di Intan Jaya, Papua Tengah.
Foto: Penampakan pesawat Smart Air yang diduga ditembaki KKB di Intan Jaya, Papua Tengah. /Dok.Istimewa

PIKIRANACEH.COM - Insiden penembakan atas pesawat Trigana Air di Bandara Dekai oleh KKB sudah lama berlalu. KKB kembali menembaki pesawat, yakni milik maskapai Smart Air di Papua Tengah pada Selasa (18 Juli 2023).

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz, Kombes Donny Charles Go mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 08.30 WIT.

"Benar. Hari ini sekitar jam 08.30 WIT, (penembakan) saat (pesawat) mau mendarat, kemudian ditembak lagi saat mau terbang," kata Donny lewat keterangannya.

Hendak Mendarat di Homeyo

Pesawat Smart Air ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) saat hendak mendarat di Lapangan Terbang Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah.

Sebelumnya, pada Sabtu (15 Juli 2023), KKB di Homeyo mencuri senapan dari Polsek. Keesokan harinya, mereka menembaki Polsek dan Koramil Homeyo.

Tak Ada Korban Jiwa

Donny menyebut pesawat itu membawa sejumlah penumpang. Namun, dipastikan semuanya selamat.

Ada empat lubang bekas tembakan ditemukan di bagian sayap pesawat. Polisi pun masih melakukan penyelidikan terkait insiden ini.

“Tim tersebut berhasil menemukan empat lubang pada sayap kiri pesawat Caravan PK-SNO, Serial No. 208B2375, yang diduga disebabkan oleh dua proyektil peluru yang menembus pesawat tersebut,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny lewat keterangannya.

Pesawat Angkut 7 Personel Brimob

Kapolres Nabire, AKBP I Ketut Suarnaya menjelaskan, pesawat itu diawaki oleh pilot M Farhan dan kopilot Wahyu. Pesawat ini ditembaki ketika mengangkut tujuh personel Brimob.

Halaman:

Editor: Teuku Ikhwana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x