Seorang Guru SMP di Bireuen Tipu 16 Pelamar CPNS Hingga Rp700 Juta, Janjikan Lulus CPNS Jalur Khusus

- 30 Agustus 2023, 15:34 WIB
Kasus Penipuan CPNS
Kasus Penipuan CPNS /Foto. Ilustrasi

PIKIRANACEH.COM - Polres Bener Meriah melalui Satuan Reserse Kriminal mengungkap kasus penipuan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021.

Dalam kasus penipuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tersebut mengakibatkan 16 orang menjadi korban.

Korban diperkirakan mengalami kerugian mencapai Rp 700 juta.

Polres Bener Meriah mengatakan, dalam pengungkapan kasus tersebut menangkap satu orang yang diduga sebagai pelaku penipuan.

Pelaku merupakan seorang wanita berinisial N (46), guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Peudada, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Awal mula pengungungkapan kasus penipuan itu, berdasarkan Laporan Polisi LP-B/33/III/2023/SPKT/Polres Bener Meriah/Polda Aceh Tanggal 21 Maret 2023, kata Kapolres Bener Meriah AKBP Nanang Indra Bakti dalam konferensi pers yang di gelar di halaman gedung Satreskrim Polres Bener Meriah pada Rabu 30 Agustus 2023.

“Setelah menerima laporan Polisi Penyidik melakukan rangkaian penyelidikan terhadap dugaan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan rekrutmen CPNS jalur khusus yang di lakukan oleh terlapor N, dalam hasil penyelidikan petugas sudah menemukan 2 alat bukti awal sehingga status N ditetapkan menjadi Tersangka dan saat ini sudah diamankan di Polres Bener Meriah,” kata Kapolres Bener Meriah AKBP Nanang Nanang Indra Bakti.

Lanjutnya, Pelaku berhasil diamankan pada Kamis 24 Agustus 2023 oleh personel satreskrim dan Sat Intelkam Polres Bener Meriah di Kecamatan Labuhan Haji, Aceh Selatan.

Lanjut AKBP Nanang Nanang Indra Bakti, untuk modus operandi pelaku menjanjikan mampu meluluskan korban dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur khusus dengan syarat korban mengirimkan uang tunai sebesar Rp 40 juta dan apabila tidak lulus maka uang akan dikembalikan kepada korban tanpa dikurangi sedikitpun.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x