Tiga Kompetensi yang Harus Dimiliki ASN

- 12 Oktober 2023, 12:04 WIB
Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Iskandar AP
Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Iskandar AP /Pikiran Aceh/nasir/

Tiga Kompetensi yang Harus Dimiliki ASN

PIKIRAN ACEH – Tiga kompetensi harus dimiliki setiap Aparatus Sipil Negara (ASN) karena tuntutan strategis di era globalisasi dan harapan masyarakat terhadap kinerja pemerintah yang terus berkembang sejalan dengan perkembangan dan dinamika masyarakat.

Harapan tersebut disampaikan Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Iskandar AP mewakili Sekda Aceh pada pembukaan Diklat Literasi Digital, bagi Pejabat ASN dan SDM Pemerintah Aceh tahun 2023, di Amel Convention Hall, Rabu (11/10/2023).

Menurut Iskandar, tiga kopetensi yang harus dimiliki ASN yakni yaitu kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural, ketiganya merupakan kopetensi kunci yang harus dimiliki ASN di Aceh.

“Kita semua tentu memahami bahwa setidaknya terdapat tiga kompetensi kunci yang wajib dimiliki setiap ASN, yakni kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural.,” ujar Iskandar.

Baca : ASN Aceh Utara Di Himbau Agar Tidak Menggunakan Gas LPG Subsidi Tabung 3 Kg

Ditambahkan, pengembangan kompetensi ASN sangat diperlukan karena merupakan tuntutan lingkungan strategis, seperti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, globalisasi, peningkatan daya saing bangsa, serta harapan masyarakat terhadap kinerja pemerintah pusat dan daerah yang terus berkembang sejalan dengan perkembangan dan dinamika masyarakat.

“Sebagai aparatur, kita dituntut untuk senantiasa mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa, memanfaatkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat,” kata Iskandar.

Iskandar mengungkapkan, pengembangan kompetensi ASN tidak hanya melalui penyelenggaraan diklat dan pemberian tugas belajar yang dilaksanakan oleh BPSDM. Akan tetapi juga melalui kegiatan profesionalisme yang dianggarkan di masing-masing SKPA.

Halaman:

Editor: Muhammad Nasir

Sumber: PIKIRAN ACEH


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah