Berantas Pencurian Ikan oleh Kapal Asing KKP Gandeng USAID Tingkatkan SDM Dalam Pemeriksaan Kapal di Pelabuhan

- 22 Oktober 2023, 15:17 WIB
KKP Gandeng USAID Tingkatkan SDM Dalam Pemeriksaan Kapal Asing di Pelabuhan
KKP Gandeng USAID Tingkatkan SDM Dalam Pemeriksaan Kapal Asing di Pelabuhan /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDM) bekerja sama dengan The United States Agency for International Development (USAID) untuk meningkatkan kompetensi para petugas pelaksana Port State Measures Agreement (PSMA) di Indonesia.

Melalui kerja sama tersebut, KKP dan USAID berikan Pelatihan Teknis Pemeriksaan Kapal Asing dalam Rangka implementasi PSMA. Pelatihan ini berupa kerja sama hibah luar negeri dalam kerangka Grant Implementation Agreement on Marine and Fisheries Portfolio (GIA-MFP) Tahun 2022-2027.

Baca Juga: Penerapan Cara Budiaya Ikan yang Baik (CBIB) Wujud Semangat Konsep Blue Economy Sektor Perikanan

Salah satu kegiatan dibawah GIA-MFP adalah program kerja sama dengan NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration), dimana BPPSDM melalui Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan (Puslatluh KP) menjadi technical lead kerja sama tersebut.

Diantara kegiatan dalam kerja sama ini adalah dukungan peningkatan kapasitas untuk pelaksanaan inspeksi kapal sebagai bagian dari tindak lanjut ratifikasi Port State Measure Agreement (PSMA).

"Saya memaknai Pelatihan Teknis Pemeriksaan Kapal Asing dalam rangka Penerapan PSM sebagai energi baru dalam kontribusi dukungan terhadap implementasi kebijakan ekonomi biru yang saat ini sedang digaungkan KKP. Tantangan pembangunan kelautan dan perikanan masih terbentang lebar dan cukup kompleks, salah satu isu yang masih menjadi ancaman adalah praktek IUUF yang sampai saat ini masih marak terjadi," ujar Kepala Badan I Nyoman Radiarta di Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Menurut Nyoman, PSM yang diimplementasikan dalam bentuk kegiatan pemeriksaan kapal asing yang akan memasuki pelabuhan Indonesia merupakan salah satu strategi dalam mencegah, menghalangi dan memberantas praktek pencurian ikan atau IUUF (Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing).

Hal ini sejalan dengan dengan komitmen Menteri Kelautan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono yang memandang ekonomi biru sebagai hal yang penting dan menjadi acuan utama untuk memulihkan kesehatan laut dan potensi kelautan akan menjadi kekuatan ekonomi Indonesia.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah