Di Banda Aceh Sampah Akan Dijadikan Listrik

- 3 November 2023, 22:51 WIB
Ilustrasi Tumpukan Sampah
Ilustrasi Tumpukan Sampah /

PIKIRANACEH.COM - Pemerintah Kota Banda Aceh menggandeng investor dari luar daerah untuk pengelolaan sampah di ibukota Provinsi Aceh itu menjadi sumber energi listrik.

“Dalam skala kecil, secara mandiri kita telah memulai proyek konversi sampah menjadi listrik di TPA Gampong Jawa sejak beberapa tahun lalu,” kata Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin pada Jumat, 3 November 2023.

Kerja sama itu mulai dijajaki Pemkot Banda Aceh dengan perusahaan PT Cahaya Terang Alami (CTA). Perusahaan ini telah menyatakan minatnya untuk berinvestasi di Banda Aceh untuk sektor pengelolaan sampah menjadi energi terbarukan tersebut

Ia mengatakan pemerintah kota akan memberikan dukungan penuh agar proyek itu dapat berjalan. Apalagi untuk upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan atau sustainable sevelopment goals (SDGs) terkait kota tanpa sampah (zero waste) pada 2030.

“Dan dengan adanya dukungan dari investor, tentu kita akan bisa menghasilkan lebih banyak energi terbarukan dari sekitar 250 ton sampah yang dihasilkan Banda Aceh setiap harinya,” ujarnya.

Pj Wali Kota berharap proyek yang telah berhasil direalisasikan di beberapa kota besar di dunia tersebut dapat segera hadir di Banda Aceh. 

“Untuk hal-hal substansial sudah kita sepakati, tinggal masalah teknis saja yang akan diatur dalam suatu MoU dan perjanjian kerjasama,” ujarnya.

Pada dasarnya, kata dia, Pemkot Banda Aceh sangat mendukung investasi di bidang pengelolaan sampah. Penekanannya ialah menguntungkan bagi kedua pihak, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Serta dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi warga kota dan anak cucu kita kelak,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah