Ternyata Jaringan Penyelundupan Rohingya ke Aceh Tersebar di 3 Provinsi, Ini Penjelasan Polisi

- 14 Desember 2023, 16:33 WIB
Foto: REUTERS/Stringer
Foto: REUTERS/Stringer /

PIKIRANACEH.COM - Polresta Kota Banda Aceh sudah memeriksa 11 imigran etnis Rohingya.

Dalam pemeriksaan tersebut polisi menemukan indikasi dugaan jaringan penyelundupan orang yang masuk ke Indonesia lewat Aceh, juga melibatkan warga lokal yang berada di tiga provinsi.

 

Kepala Satuan Reskrim Polresta Banda Aceh Kompol Fadillah Aditya Pratama, pada Kamis 14 Desember 2023 mengatakan, 11 pengungsi Rohingya yang diperiksa adalah bagian dari 137 orang yang mendarat di Pantai Lamreh, Kabupaten Aceh Besar, pada 10 Desember lalu.

Hasil pengembangan mengarah pada dua orang pengungsi di dalam kelompok itu, yang kuat dugaan berperan penting dalam jaringan penyelundupan orang mulai dari Bangladesh sampai ke Indonesia.

 

"Dari hasil penyelidikan kami, memang keduanya punya peran yang penting. Dari saksi-saksi lain menguatkan diduga ada transaksi, ada keuntungan yang dimiliki, dan memang ada yang mengendalikan atau merekrut sekian ratus orang etnis Rohingnya yang masuk ke Aceh," ungkap Fadilah.
 
Ia mengatakan selain memeriksa saksi-saksi, polisi juga menggunakan teknologi untuk melacak jalur komunikasi jaringan tersebut dari telepon genggam yang disita dari salah satu pengungsi.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x