Prabowo Kuasai 340.000 Hektare Lahan, Ini Fakta di Balik Tudingan Anies saat Debat Capres

- 8 Januari 2024, 21:21 WIB
Mengapa Ganjar Pranowo Berdiri di Tengah pada Debat Ketiga Pilpres 2024? Begini Penjelasan KPU
Mengapa Ganjar Pranowo Berdiri di Tengah pada Debat Ketiga Pilpres 2024? Begini Penjelasan KPU /Foto: Antara/

PIKIRAN ACEH – Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menuding Capres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto memiliki tanah ratusan ribu hektare di Indonesia. Hal itu disampaikan pada saat Debat Capres pada Minggu 7 Januari 2024 malam.

"Di saat tentara kita lebih dari separoh tidak memiliki rumah dinas, sementara menterinya, Pak Prabowo punya lebih dari 340 hektare tanah di republik ini," ucapnya. Tak lama, Anies Baswedan pun meralat data tersebut. Dia menyebut, Prabowo Subianto memiliki luas lahan yang jauh lebih besar.

“Saya mengklarifikasi tadi data yang meleset, maaf Pak Prabowo, angkanya terlalu kecil. (ada) 340.000 hektare. Saya klarifikasi,” ujarnya.

Belum sempat melanjutkan ucapannya, Anies Baswedan justru diinterupsi oleh Prabowo Subianto. Padahal, pada saat itu Prabowo Subianto belum diizinkan untuk memberikan tanggapan. "Itu pun salah..itu pun salah. Mas Anies, jangan…," katanya.

Pernah Disinggung Jokowi saat Debat Capres 2019 Permasalahan kepemilikan lahan Prabowo Subianto bukan kali pertama disinggung lawannya saat Debat Capres.

Pasalnya, hal itu juga pernah diungkapkan Jokowi kala Debat Capres 2019. Pada saat itu, Jokowi menyinggung ratusan ribu hektare lahan di Kalimantan dan Aceh yang dimiliki Prabowo Subianto.

Hal itu menanggapi pembagian sertifikat tanah yang kerap dilakukannya.

"Pembagian yang tadi sudah saya sampaikan, hampir 2,6 juta itu, memang agar produktif. Dan sekali lagi, kita tidak memberikan kepada yang gede-gede," ujarnya.

"Saya tahu pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur, sebesar 220.000 hektare. Juga di Aceh Tengah 120.000 hektare. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan masa pemerintahan saya," tutur Jokowi menambahkan. Menanggapi hal itu, Prabowo Subianto tak membantah. Dia membenarkan kepemilikan lahan ratusan ribu hektare di dua daerah tersebut pada saat closing statement Debat Capres 2019.

Halaman:

Editor: Yusmadi Yusuf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah