BREAKING NEWS - Mursil Divonis Bebas dari Kasus Korupsi Penguasaan Lahan

- 27 Februari 2024, 17:35 WIB
Mursil Mantan Bupati Aceh Tamiang
Mursil Mantan Bupati Aceh Tamiang /Foto. Net

PIKIRANACEH.COM - Mantan Kepala Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kabupaten Aceh Tamiang yang sekaligus mantan Bupati Kabupaten Aceh Tamiang Mursil yang menjadi terdakwa tindak pidana korupsi pertanahan divonis bebas oleh Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Banda Aceh.

Mursil divonis bebas dari kasus tindak pidana korupsi penguasaan lahan negara dan pensertifikatan tanah negara di Aceh Tamiang.

Vonis tersebut dibacakan majelis hakim diketuai Hamzah Sulaiman serta didampingi R Deddy dan Ani Hartati masing-masing sebagai hakim anggota pada persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Banda Aceh, pada Selasa 27 Januari 2024.

Selain terdakwa Mursil, majelis hakim juga membebaskan dua terdakwa lainnya dalam perkara yang sama, tetapi berkas terpisah. Kedua terdakwa yang turut dibebaskan yakni Tengku Yusni dan Tengku Rusli.

"Para terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah seperti yang didakwakan jaksa penuntut umum. Membebaskan para terdakwa dari segala dakwaan jaksa penuntut umum," kata majelis hakim.

Majelis hakim dalam amar putusannya menyatakan fakta di persidangan termasuk keterangan saksi-saksi tidak ditemukan bukti  para terdakwa melakukan tindak pidana korupsi  seperti dalam dakwaan jaksa penuntut umum.

"Berdasarkan putusan ini, maka hak-hak dan martabat para terdakwa harus dipulihkan. Serta merehabilitasi nama para terdakwa," kata majelis hakim menyebutkan.
 
Vonis tersebut tidak sesuai dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Pada persidangan sebelumnya, JPU menuntut terdakwa Musril dengan hukuman tujuh tahun enam bulan.

Selain pidana penjara, JPU juga menuntut terdakwa Musril membayar denda Rp500 juta subsidair enam bulan penjara serta membayar uang pengganti kerugian negara Rp90 juta.

Apabila tidak membayar, maka dipidana tiga tahun enam bulan penjara.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x