Sejumlah Daerah di Aceh Hujan selama Tiga Hari Kedepan, Ini Imbauan BMKG

- 29 April 2024, 14:33 WIB
Ilustrasi Cuaca Ekstrem
Ilustrasi Cuaca Ekstrem /

PIKIRANACEH.COM - Sejumlah daerah di Aceh diperkirakan akan turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang elama tiga hari kedepan. 

Informasi tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Aceh.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Iskandar Muda, Mifta, pada Senin, 29 April 2024 mengatakan, penyebabnya karena ada belokan angin dan konvergensi di wilayah Aceh, serta anomali suhu permukaan laut yang lebih hangat perairan Utara Aceh yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Aceh.

Mifta mengatakan, untuk hari ini, hujan berpotensi terjadi di Kota Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues dan Simeulue.

Sedangkan besok, hujan berpotensi terjadi di Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Aceh Utara, Nagan Raya, Aceh Barat, Pidie, dan Aceh Jaya.

Selanjutnya lusa kata Mifta, hujan berpotensi di wilayah Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Aceh Utara, Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Jaya, Simeulue, Aceh Tamiang, Langsa, Bener Meriah, Aceh Tengah dan Lhokseumawe.

Mifta juga mengatakan, untuk gelombang tinggi, secara umum berada dalam kategori tenang hingga sedang yaitu sekitar 0.01 hingga 1.25 meter.

Kemudian juga terdapat potensi gelombang tinggi mencapai ketinggian 2.5 meter atau lebih di perairan utara sabang, perairan barat Aceh dan Samudera Hindia Barat Aceh.

Mifta menjelaskan suhu saat ini berkisar antara 24 derajat celcius hingga 34 derajat celcius. Kemudian untuk dataran tinggi Aceh berkisar antara 17 hingga 27 derajat celcius.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah