Pesan Menohok dari Ghazali Abbas ke Politisi yang Maju Pilkada 2024: Haram 5 P

- 2 Mei 2024, 12:57 WIB
Tgk. Gazali Abbas Adan
Tgk. Gazali Abbas Adan /

 

PIKIRANACEH.COM — Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024.

Sejumlah nama mulai mencuat kepublik, baik untuk calon Gubernur, maupun Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

Menyikapi hal itu, politisi senior Aceh, Drs.Tgk.H. Ghazali Abbas Adan menyampaikan agar para kandidat yang sudah pernah menjabat atau duduk sebagai eksekutif yang ingin kembali maju dipilkada mendatang agar menunjukkan rekam jejak dan prestasinya terlebih dahulu.

“Menurut saya, bagi yang sudah pernah memegang kekuasaan di eksekutif, Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, Wali Kota atau Wakil Walikota, yang ingin maju kembali, terangkan dulu rekam jejak prestasi yang sudah dikerjakan dan terlihat bukti nyata dalam memakmurkan rakyat dan membangun daerah,” kata Ghazali Abbas Adan, dalam keterangannya kepada awak media pada Rabu 1 Mei 2024.

Ghazali Abbas menambahkan, bila para kandidat tidak mampu menunjukkan prestasi dan rekam jejak yang baik, maka sebaiknya istirahat saja.

“Kalau tidak, sudah cukup, sudah bisa istirahat, biar yang lain saja, dari pada menjatuhkan rakyat dalam terpurung bolong, bermain dengan nasib rakyat, sebab di Naggroe Aceh, masih banyak orang orang yang cerdas, jelas titel dan kualitas pendidikan, beragama, berakhlak yang baik, memiliki wawasan dan pergaulan yang luas. (Meunye hana, ka mumada, ka jeuet istirahat, bah yg laen matong, dari pada jak purh’uep rakyat muwot lam bruek ruhung, meucuca ngen nasib rakyat, sabab di nanggroe Aceh meutuwah, meusyeuhu ban sigom donya, rame that ureueng2 carong, jeulaih strara dan kualitas pendidikan, meuagama, got akhlak, luas wawasan dan pergaulan).” tambah Ghazali Abbas dalam bahasa Aceh.

Sebelumnya, Ghazali Abbas Adan juga pernah mengusulkan bahwa untuk para Calon Gubernur, Bupati, Wali Kota harus bersedia menandatangani pakta integritas dan bersumpah dihadapan masyarakat di masjid Provinsi, Kabupaten atau Kota.

Usulan itu disampaikan Ghazali dihadapan para tokoh tokoh Aceh saat acara buka puasa bersama Pengurus Pusat Taman Iskandar Muda (PPTIM) di Wisma TIM, Jakarta Selatan, pada Sabtu 16 Maret 2024.

“Para Calon harus bersedia menandatangani pakta integritas yang menyatakan tidak berbuat politik haram 5 P dalam proses kontestasi politik tahun ini dan tahun tahun yang akan datang,” ungkap Ghazali Abbas.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah