Menakjubkan! Hamas Hancurkan Israel dari Bawah Tanah, Miliki Terowongan Terdalam Super Lengkap

- 11 Juni 2024, 10:45 WIB
Brigade Al-Qassam menangkap tentara Israel di Terowongan setelah masuk dalam jebakan di Jalur Gaza kemarin
Brigade Al-Qassam menangkap tentara Israel di Terowongan setelah masuk dalam jebakan di Jalur Gaza kemarin /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Taktik perang nan heroik yang ditunjukkan oleh pejuang Hamas untuk melenyapkan penjajahan dari negeri Palestina sangat mengesankan dunia. Hamas dengan sayap militernya Brigade Al-Qassam bukan saja memperlihatkan cara berperang yang beradab melawan kezaliman namun cerdas mengelola sumber daya angkatan perangnya.

Brigade Al-Qassam bersama faksi-faksi perlawanan Palestina lainnya mengatur dan menggerakkan mesin perang mereka melalui bawah tanah. Dari terowongan yang didesain khusus untuk infrastruktur perang, Hamas telah menghancurkan supremasi zionis Israel di tanah Palestina yang diduduki.

Baca Juga: Tiga Jamaah Haji Asal Aceh Meninggal Dunia di Arab Saudi

Sejak membalas Israel pada 7 Oktober, telah menyeret zionis Israel ke dalam salah satu perang bawah tanah terburuk yang pernah ada. Saat ini, sangat jelas terlihat bahwa skala kompleks bawah tanah Hamas belum pernah terjadi sebelumnya dan penggunaan terowongan telah menyebabkan jatuhnya korban jiwa di kalangan warga sipil dan tentara. 

Konsekuensi yang lebih serius, dengan mempertahankan operasi bawah tanah selama berbulan-bulan, Hamas telah memupuskan kemenangan Israel, sehingga menimbulkan kerugian diplomatik dan politik yang tidak terbayangkan dalam prosesnya.

Peningkatan kemampuan bawah tanah yang dilakukan Hamas telah mengguncang penilaian Israel terhadap ancaman bawah tanah. Israel tidak pernah membayangkan akan terlibat dalam perang bawah tanah sebesar ini. Israel justru fokus menghilangkan terowongan Hamas yang melintasi wilayah Israel.

Perang di Jalur Gaza kemungkinan besar akan memacu pengembangan doktrin dan metode baru untuk menghadapi jenis perang yang unik ini. Sistem terowongan Hamas tidak diragukan lagi menarik perhatian militer dan kelompok non-militer lainnya, yang semuanya menyadari betapa efektifnya terowongan tersebut bagi kelangsungan hidup Hamas di Gaza.

Sekarang Hamas telah mengatasi sebagian besar rintangan yang melekat dalam peperangan bawah tanah—antara lain komunikasi, navigasi, tingkat oksigen yang rendah, dan claustrophobia—ada banyak alasan untuk percaya bahwa taktik tersebut akan terus menyebar. Penggunaan ruang bawah tanah yang inovatif oleh Hamas telah mendefinisikan kembali nilai strategis permukaan tanah, dan mengubah pertemuan militer.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah