4 Amalan Utama Pada Bulan Syawal Jangan Ditinggalkan

- 15 April 2024, 10:45 WIB
Suasana silaturahmi Kakankemenag Kota Banda Aceh bersama keluarga besar BKM Babul Maghfirah Gampong Tanjong Seulamat pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Foto diambil di Rumah Bapak Amiruddin Yacob saat jamuan lebaran Khatib Tgk H Salman Arifin
Suasana silaturahmi Kakankemenag Kota Banda Aceh bersama keluarga besar BKM Babul Maghfirah Gampong Tanjong Seulamat pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Foto diambil di Rumah Bapak Amiruddin Yacob saat jamuan lebaran Khatib Tgk H Salman Arifin /Hamdani/Hijaz Khalilullah/

PIKIRANACEH.COM - Jutaan umat Islam di Indonesia merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, meskipun sebelum itu sudah ada sebagian umat Islam yang lebih dulu berhari raya. 

Hari Raya Idul Fitri atau sering disebut lebaran merupakan ibadah yang mengikuti puasa ramadan. Artinya lebaran selalu ada sepanjang bulan ramadan ada. Dan lebaran Idul Fitri selalu jatuh pada 1 Syawal setiap tahun hijriyah.

Baca Juga: Bagaimanakah Orientasi Ibadah Kita Paska Ramadhan?

Bulan Syawal sebagaimana bulan lainnya tentu memiliki fadhilah-fadhilah utama didalamnya. Bulan Syawal termasuk bulan terbaik setelah bulan ramadan. Walaupun tidak ada penyambutan bulan Syawal dengan ucapan "Marhaban ya Syawal" seperti halnya ramadan namun Syawal tetap memiliki keistimewaan. 

Karena keistimewaannya tersebut maka bulan Syawal sangat baik dijadikan sebagai bulan peningkatan amalan kita. Diantara banyak amalan yang dapat dikerjakan pada bulan Syawal, namun ada 4 amalan utama yang dapat dikerjakan segera. 

Idul Fitri dan Lebaran

Sebagaimana telah dijelaskan diatas bahwa idul fitri jatuh dibulan Syawal setelah berpuasa di bulan ramadhan. Sehingga kemuliaan orang-orang yang berpuasa akan dinampakkan oleh Allah pada bulan tersebut.

Kemuliaan orang-orang yang telah berpuasa dan tergolong pada golongan orang-orang bertaqwa dapat kita lihat, pada bulan Syawal mereka memiliki akhlak dan perilaku mulia. Selain itu kualitas dan kuantitas ibadah mereka juga meningkat yang dimulai dengan kekusyukan mereka melantunkan takbir memuji keagungan Allah pada malam 1 Syawal.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah