Kepala Ojk Dorong Ekosistem Syariah Melalui Optimalisasi Wakaf

- 19 Maret 2024, 23:36 WIB
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh bersama Lembaga Jasa Keuangan (LJK) menyelenggarakan peringatan Hari Indonesia Menabung (HIM) tahun 2023 yang mengusung tema “Bangun Generasi Indonesia Menabung” di Gedung Olah Seni, Takengon, Kab. Aceh Tengah, Sabtu.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh bersama Lembaga Jasa Keuangan (LJK) menyelenggarakan peringatan Hari Indonesia Menabung (HIM) tahun 2023 yang mengusung tema “Bangun Generasi Indonesia Menabung” di Gedung Olah Seni, Takengon, Kab. Aceh Tengah, Sabtu. /Mustakim /Humas ojk Robby Satya

PIKIRANACEH.COM | EKONOMI - Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh, Yusri, mendorong peningkatan ekosistem syariah melalui optimalisasi pengelolaan dana wakaf. Hal ini dilakukan guna membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Aceh.

"Cash Waqf Linked Deposit (CWLD) dapat menjadi salah satu produk perbankan syariah yang mengintegrasikan fungsi sosial dengan fungsi komersial bank syariah sebagai lembaga keuangan syariah penerima wakaf uang," kata Yusri saat sosialisasi CWLD kepada Perbankan dan Stakeholders di Banda Aceh, Selasa, 19 Maret 2024.

Menurut Yusri, bahwa CWLD dapat menjaga struktur dana pada Bank  melaksanakan fungsi sosial dan meningkatkan transaksi keuangan syariah.

Lebih lanjut, kata Yusri, dari bank yang berkantor pusat di Aceh, baru dua bank yang terdaftar sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU), yaitu BPRS Hikmah Wakilah dan Bank Aceh Syariah. 

Untuk itu, Yusri mengimbau seluruh BPRS di Aceh untuk segera menjadi LKS PWU agar dapat mengoptimalkan dana wakaf pada daerah masing-masing.

Pada kesempatan tersebut, Yusri menyampaikan perkembangan kinerja intermediasi perbankan di Aceh per Desember 2023 (yoy) yang tumbuh stabil dan signifikan.

Halaman:

Editor: Mustakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x