10 Tips Meningkatkan Potensi Profit Dalam Trading

- 31 Maret 2024, 02:22 WIB

PIKIRANACEH.COM | EKONOMI - Trading itu bagaikan masuk ke medan perang, dimana Anda berkompetisi melawan sesama trader. Tidak hanya itu, tapi Anda juga berhadapan dengan fund manager dan institusi besar yang notabene memiliki sumberdaya yang lebih kuat. Maka dari itu, sekedar trading tanpa rencana yang jelas hanya akan membuat Anda menjadi mangsa empuk. Akhirnya cuma rugi yang didapat. Supaya hal ini tidak terjadi, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam trading. Tujuannya supaya trading yang dilakukan nantinya memiliki peluang lebih besar untuk menghasilkan profit.

Banyak orang mengira bahwa untuk meningkatkan potensi profit dalam trading perlu langkah drastis, seperti menggunakan sistem trading yang canggih. Kenyataannya, hanya melakukan tips sederhana saja sudah bisa meningkatkan peluang profit dalam trading. Berikut adalah beberapa tips yang berguna untuk meningkatkan potensi profit dalam trading:

1. Belajar analisis
Sebaiknya Anda belajar analisis, misalnya Analisis Teknikal, untuk membantu mengambil keputusan dalam trading. Jangan trading cuma berdasar feeling. Jangan pula mengandalkan rumor, ajakan teman, media, sosial media, influencer. Biasanya berakhir kurang baik.

2. Pastikan Anda memiliki Sistem Trading
Tidak memiliki Sistem Trading bagaikan masuk ke medan perang tanpa senjata. Lebih banyak peluang kalah daripada menangnya. Sistem Trading akan menjadi panduan Anda menentukan kapan masuk dan keluar dari pasar. Sistem Trading bisa diartikan sebagai cara jual beli yang bisa digunakan berulang kali. Baca artikel berikut untuk info lebih lanjut tentang Sistem Trading.

3. Hanya buka posisi jika trend mendukung
Trend is your friend. Ride the trend. Follow the trend. Semuanya adalah kata mutiara yang menyatakan bahwa tidak disarankan untuk melawan trend. Jika berenang, tentunya lebih mudah berenang searah arus, daripada melawan arus bukan? Camkan ini: "Trend must be my friend" before I make a trade. Info lebih lanjut: Strategi Trend Trading (Video)

4. Cut loss sesegera mungkin

Jika trading gagal, disarankan sesegera mungkin cut loss. Lalu apa hubungannya cut loss dengan meningkatkan profit? Bukankah cut loss justru membuat rugi? Cut loss sebenarnya adalah tindakan memotong kerugian supaya tidak membengkak. Bila tidak cut loss, rugi pasti membesar. Rugi yang membesar itu akan menggerus akumulasi profit yang sudah didapat sebelumnya.

5. Pastikan Risk to Reward Ratio cukup besar
Risk to Reward Ratio harus cukup besar, setidaknya 2 sampai 3 kali. Artinya kalau kita siap cut loss sebesar 100 rupiah, minimal potensi cuan yang didapatkan bisa 200 sampai 300 rupiah. Kalau Risk Reward Ratio terlalu kecil, Anda cuma kerja rodi untuk broker tercinta hehehe. Belajar lebih lanjut tentang Risk to Reward Ratio di sini

Halaman:

Editor: Mustakim


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x