Tips dan Trik Mengoptimalkan Keuntungan dalam Trading Saham

- 31 Maret 2024, 02:56 WIB
Platform robot trading diklaim jadi yang terbaik.
Platform robot trading diklaim jadi yang terbaik. /

 

PIKIRANACEH.COM | EKONOMI - Mengoptimalkan keuntungan dalam trading saham atau take profit merupakan suatu hal yang penting. Namun, tidak semua trader dapat menentukan besaran take profit dari suatu saham. Oleh karena itu, kita perlu trik untuk bisa mengoptimalkannya

Take profit adalah keputusan untuk melakukan penjualan saham yang dimiliki oleh trader, ataupun yang sudah dibeli setelah saham di level harga yang ditentukan tercapai. Tindakan ini bertujuan untuk mengoptimalkan keuntungan.

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mengoptimalkan keuntungan yang bisa dilakukan oleh trader ketika target harga telah tercapai. Yuk, simak!

Tips Optimalkan Keuntungan Trading Saham

Banyak trader saham mengalami kegagalan dalam mencapai keuntungan optimal dan harga puncak karena mereka seringkali melakukan take profit terlalu dini. Di sisi lain, ada juga yang terlambat melakukan take profit sehingga keuntungan yang telah diraih berbalik menjadi kerugian ketika harga saham turun kembali.

Agar para trader tidak salah langkah, berikut beberapa strategi take profit yang dapat diterapkan dalam melakukan trading saham:

1. Prediksi Keuntungan dibanding Risiko

Langkah ini tidak hanya menargetkan keuntungan semata, tetapi juga melibatkan prediksi mengenai potensi kerugian di masa mendatang. Artinya, trader perlu menentukan target cut loss sebagai langkah pengamanan.

Misalnya, jika trader membeli 1 lot saham pada harga Rp 250 dengan ekspektasi peningkatan harga menjadi Rp 400 dalam sebulan. Maka, sebaiknya ditetapkan target cut loss di harga Rp 200. Dengan demikian, trader bisa melakukan take profit jika harga saham mencapai Rp 150.

2. Proyeksi Keuntungan dibanding Modal

Salah satu contoh proyeksi keuntungan dibanding modal adalah dengan menetapkan target untuk mencapai dua kali lipat dari modal investasi awal. Jika target tersebut tercapai, trader sebaiknya langsung melakukan take profit.

Halaman:

Editor: Mustakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x