Membangun Kesejahteraan Umat melalui Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Masjid

- 15 Desember 2023, 10:40 WIB
Ustadz Makmur Hasan Sufi, S. Sos
Ustadz Makmur Hasan Sufi, S. Sos /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Tokoh muda Pidie Jaya sekaligus pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) sebuah masjid di Kota Meureudu Ustadz Makmur Hasan Sufi, S.Sos optimis membangun kesejahteraan umat melalui masjid.

"Masjid itu bukan hanya berfungsi untuk shalat atau ibadah tertentu saja yang bersifat langsung dengan Allah SWT. Tetapi sebagai pusat pemberdayaan Ekonomi umat," ujar Makmur Hasan Sufi kepada Jurnalis PIKIRANACEH.

Baca Juga: Orang Kaya! Etnis Rohingya Bayar Rp66 Juta untuk Bisa Naik Kapal ke Aceh

Menurutnya, rata-rata masjid di Aceh memiliki aset (modal) yang dapat dikembangkan sebagai sumber pendapatan yang dapat dilakukan secara berjamaah dengan masyarakat terutama jamaah masjid.

"Rata-rata masjid memiliki tanah wakaf yang dapat diproduktifkan sehingga memberikan hasil secara ekonomi. Sedangkan modal dapat digalang dari para jamaah yang memiliki uang lebih. Nantinya tentu akan berbagi hasil," tambahnya.

Pengurus BKM sebenarnya dapat menjalankan misi pemberdayaan ekonomi umat atau jamaah dengan berbasis masjid. Sehingga masjid akan mandiri secara keuangan dan sekaligus dapat memberikan manfaat lain secara langsung kepada jamaahnya.

Baca Juga: Akhirnya Zionis Israel Umumkan Kekalahan Terburuk di Jalur Gaza

Makmur pun memberikan beberapa contoh masjid di luar daerah yang telah berhasil membangun ekonomi masjid, dan sekarang menjadi role model bagi aktivis masjid di seluruh Indonesia, misalnya Masjid Jogokariyan di Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah