Membangun Komunikasi Santun di Tahun Politik

- 5 Januari 2024, 14:04 WIB
Jamaah sedang melaksanakan ibadah di masjid
Jamaah sedang melaksanakan ibadah di masjid /Hamdani/

PIKIRKANACEH.COM - Membangun komunikasi yang santun sesuai akhlak islami adalah faktor yang sangat penting sepanjang tahun politik 2024. Umat islam perlu berada di garda terdepan dalam menjaga suasana tenang, adem dan harmonis, khususnya dalam masa kampanye dan detik-detik pelaksanaan pemilu. 

Hindari kata-kata kasar dan saling menyerang pribadi, karena hal itu menjurus ke praktik ghibah, namimah, bahkan fitnah, yang imbalannya dosa besar. 

Baca Juga: Ini Kata Capres Anies soal Contoh Surat Suara Hanya Dua Paslon: KPU Jangan Main-main

Kepala Pusat Kerohanian dan Moderasi Beragama (PKMB) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Drs. Tgk. H. Saifuddin A. Rasyid, M.Lis, akan menyampaikan hal tersebut dalam khutbah Jum'at di Masjid Jamik Baitul Jannah, Kemukiman Tungkob, Kecamatan Darussalam, 5 Januari 2024 bertepatan dengan 23 Jumadil Akhir 1445 H.

“Pembuatan dan penyebaran berita bohong atau hoaks juga merupakan tindakan yang sangat merugikan. Itu tergolong dosa besar, maka marilah santun dalam berpolitik, utamakan akhlak dalam berkata-kata dan tindakan, berpedoman kepada tuntunan Rasulullah SAW. 

Ikuti pula anjuran MUI dan MPU, termasuk fatwa MUI Nomor 24 tahun 2017, bahwa setiap muslim yang bermuamalah melalui media sosial diharamkan melakukan ghibah, fitnah, namimah, adu domba, serta penyebaran permusuhan,” urai Imum Syik Masjid Jamik Baitul Jannah ini.

Baca Juga: BREAKING NEWS - Terungkap, Ini Identitas Mayat yang Ditemukan Nelayan Bireuen

Menurut Tgk. Saifuddin, disamping itu ada ketentuan yang perlu dipedomani yaitu Undang-Undang nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) yang mengatur secara ketat cara mengelola informasi. 

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah