Warisan Siapa? Ini 4 Masalah Besar yang Harus Dihadapi Aceh Utara

- 7 Juni 2023, 01:52 WIB
Kantor Bupati Aceh Utara
Kantor Bupati Aceh Utara /Foto. Net

PIKIRANACEH.COM - Pejabat (Pj) Bupati Kabupaten Aceh Utara Azwardi Abdullah mengatakan, masih terdapat empat masalah terbesar di Aceh Utara harus menjadi tanggung jawab bersama yang selama ini belum teratasi.

Masalah yang dimaksud yaitu tingkat kemiskinan di Aceh Utara sebesar 16,86 persen dan 2,94 persen penduduk Kabupaten Aceh Utara masih dalam katagori miskin ekstrem.

Kemudian angka prevalensi stunting juga masih tinggi sebesar 38,3 persen, infrastruktur jalan dalam kondisi baik hanya sekitar 30 persen, serta infrastruktur irigasi dalam kondisi baik hanya sekitar 42 persen. 

Hal itu disampaikan PJ Bupati Aceh utara Azwardi Abdullah pada saat Rapat Koordinasi dan Evaluasi Rencana Kerja Pokja Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) Triwulan I yang berlangsung di Oproom Kantor Bupati setempat di Landing Kecamatan Lhoksukon pada Selasa 6 Juni 2023.

Ia juga menyinggung persoalan Bendungan Krueng Pase yang melayani 8 kecamatan (8.922 hektar) rusak akibat banjir besar tahun 2020 sampai saat ini belum teratasi.

Azwardi mengharapkan kepada Forum TJSLP Kabupaten Aceh Utara agar dapat memprioritaskan program dan kegiatan yang dapat mendukung Pemerintah Kabupaten Aceh Utara dalam menjawab permasalahan-permasalahan pembangunan. 

“Sebagai contoh, pemberdayaan petani di 8 kecamatan yang saat ini tidak dapat melaksanakan aktivitas pertanian akibat tidak terairi irigasi.

Perlu alternatif-alternatif lain untuk membantu petani-petani di 8 kecamatan tersebut, seperti pengembangan tanaman selain padi, atau memanfaatkan sumber-sumber air lain yang tersedia,” harap Azwardi.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x