ICMI: 10 Kriteria Calon Gubernur Aceh dari Sisi Islam-Adat Budaya

- 25 April 2024, 06:56 WIB
Logo ICMI
Logo ICMI /

PIKIRANACEH.COM - ICMI Aceh menyarankan 10 kriteria calon Gubernur Aceh untuk dipilih pada Pilkada 2024 November mendatang, baik dari sisi ajaran islam, adat kebudayaan Aceh hingga politik.

Hal tersebut disampaikan oleh Majelis Pengurus Wilayah (MPW) Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Aceh.

"Kita usulkan lima kriteria versi ajaran islam, empat kriteria versi adat budaya Aceh, dan politik yang layak dipertimbangkan untuk dipilih sebagai calon Gubernur Aceh," kata Ketua MPW ICMI Aceh, Taqwaddin, pada Rabu 24 April 2024.

Adapun kriteria dari sisi islam adalah, calon Gubernur Aceh yang jujur, ini harus menjadi pilihan utama, harus mau memenuhi janji yang telah diucapkan  atau di suratkan secara tertulis dalam berbagai kebijakan.

"Kejujuran hal yang penting sekali dalam menjalankan roda pemerintahan. Tanpa kejujuran pemimpin, pemerintahan akan berantakan dan rakyat akan semakin jauh dari kesejahteraan," ujarnya.

Kemudian, orang yang amanah atau dapat dipercaya, jangan memilih pemimpin yang curang. Apalagi pernah terlibat dalam kasus pidana korupsi.

Hal ini penting dipertimbangkan karena Gubernur Aceh menentukan arah perjalanan pembangunan daerah, menguasai dan mengelola anggaran yang cukup besar untuk kemaslahatan rakyat. 

Kriteria ketiga, Gubernur yang ideal untuk Aceh adalah orang cerdas dan berkualitas (fathonah), tidak mesti profesor atau doktor, minimal sarjana.

Mengingat, warga masyarakat dan penduduk Aceh yang plural, terdiri dari banyak suku, maka diperlukan gubernur yang cerdas dan berwawasan luas.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x