Lestarikan Budaya Gotong Royong, Warga Gampong Tanjung Selamat Bersihkan Lingkungan Secara Massal

- 18 Juni 2023, 14:26 WIB
Warga Gampong Tanjung Selamat melakukan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H
Warga Gampong Tanjung Selamat melakukan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H /Hamdani/Miswar/

PIKIRANACEH.COM - Menyambut hari raya idul Adha 1444 H serta upaya melestarikan budaya gotong royong, masyarakat Gampong Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar bersihkan lingkungan secara massal, Minggu (18/06/2023).

Kegiatan gotong royong diarahkan untuk menciptakan kebersihan terutama lingkungan pemukiman warga, masjid, jalan-jalan gampong, dan menguras saluran-saluran air yang digunakan untuk mencegah banjir.

Baca Juga: Survei Terbaru Capres 2024: Ganjar Keok, Ini Posisi Anies dan Prabowo Subianto

Amatan PIKIRANACEH.COM, tampak warga di dusun Cot Jambe, Lampoh Jantong, Lampoh Goeng, komplek Masjid Babul Maghfirah, dan komplek Perumahan Indiser sedang membersihkan belukar di pinggir-pinggir jalan, saluran got, dan memangkas rumput atau semak untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan asri.

Gotong royong massal ini merupakan instruksi langsung dari Keuchik Gampong Tanjung Selamat, Salamun, SH dan dikoordinir oleh setiap kepala dusun masing-masing dusun dan diawasi sekretaris Gampong Miswar, M.Ag dan dukungan Ketua Pemuda, juga Pengurus BKM, berlangsung sejak pagi hingga siang hari.

Miswar kepada PIKIRANACEH.COM mengatakan, "alhamdulillah kegiatan gotong royong hari ini berjalan dengan baik, semua warga bekerja membersihkan lingkungan masing-masing dari sampah dan semak belukar untuk menciptakan Gampong yang bersih dan sehat,"

Salah seorang tokoh masyarakat setempat menilai, "meskipun Gotong Royong sudah sering dilakukan, namun belum semua warga ikut berpartisipasi, bahkan cenderung kita lihat hanya orang-orang itu saja yang bergotong royong," ujarnya.

Padahal, sambungnya, kebersihan lingkungan merupakan tanggungjawab setiap warga gampong bukan hanya kepentingan sekelompok orang saja. Mestinya kita sama-sama bergotong royong kecuali orang tua/lansia.

Dengan alat kerja seadanya seperti parang dan cangkul, warga membabat rumput yang menjalar dan memohon dahan-dahan kedondong pagar yang nampak kurang asri di pinggir jalan gampong Tanjung Selamat.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah