Ketua Panwaslih Aceh Utara: Pentingnya Peran Pemilih Pemula Dalam Pengawasan Partisipatif

- 14 September 2023, 20:38 WIB
Syahrizal,SH Ketua Panwaslih Aceh Utara
Syahrizal,SH Ketua Panwaslih Aceh Utara /Ist/pikiranaceh

PIKIRANACEH.COM - Pemilu Tahun 2024 merupakan rekor pemilu terbesar dalam sejarah demokrasi di Indonesia. Dimana pada tanggal 14 Februari 2024 akan dilakukan pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

 

Tentunya untuk menyukseskan terlaksananya pemilu diperlukan keterlibatan semua pihak, tidak terkecuali pemilih pemula untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan partisipatif, kata Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Utara, Syahrizal saat menjadi narasumber dalam acara sosialisasi yang dilaksanakan oleh Kesbangpol Aceh Utara di SMA Negeri 1 Matangkuli pada 14 September 2023.

 

"Peran masyarakat baik masyarakat marginal dan pemilih pemula secara aktif dan kritis sangat diperlukan agar tidak terjadinya praktik-praktik penyimpangan Pemilu/Pemilihan secara terbuka," Kata Syahrizal.

 

Selain itu lanjutnya, keterlibatan semua lapisan masyarakat dalam pengawasan pemilu adalah bagian dari pendidikan politik sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam politik.

 

Dalam pengawasan Pemilu/Pemilihan sangat dibutuhkan peran dari masyarakat dan pemilih pemula. 

 

Halaman:

Editor: Syahrul


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah