PT PEMA Lifting Perdana Komoditas Sulfur Melalui Pelabuhan Kuala Langsa

- 21 April 2024, 21:13 WIB
/

PIKIRANACEH.COM | NANGGROE -  Kolaborasi kedua Badan Usaha Milik Aceh (BUMA), PT Pembangunan Aceh (PT PEMA) dan PT Pelabuhan Kota Langsa (PEKOLA) sampai pada titik terang.

Pada hari ini, rencana eksplorasi potensi sulfur Aceh yang telah diagendakan jauh-jauh hari telah terlaksana.

Dalam kesempatan tersebut, PT PEMA yang diwakili oleh Direktur Utama, Ali Mulyagusdin, melakukan pengguntingan pita pada seremonial lifting sulfur perdana via Pelabuhan Kuala Langsa yang turut dibuka secara resmi oleh Penjabat Gubernur Aceh, yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral Aceh, Ir. Mahdinur, serta Sekretaris Daerah Kota Langsa, Sayed Mahdum Majid, selaku perwakilan Penjabat Wali kota Kota Langsa, Sabtu (20/4) bertempat di Pelabuhan Kuala Langsa.

Pengoperasian trading sulfur dengan jumlah pengiriman 3.500 MT menjadi salah satu gebrakan besar di awal tahun 2024.

Dalam sambutannya, Ali menyampaikan kegiatan ini merupakan pengoperasian perdana sulfur di Pelabuhan Kuala Langsa, yang mana sebelumnya dilaksanakan di Pelabuhan Blang Lancang Lhokseumawe. Pemindahan lokasi dilakukan untuk menumbuhkan transaksi dan menghidupkan kembali pelabuhan – pelabuhan yang ada di Aceh.

“Kita semua berharap Kota Langsa terus bergerak menjadi kota utama perdagangan dan jasa di wilayah timur Aceh.” Ucap Ali.

Ia meyakini pengelolaan Pelabuhan kuala Langsa akan berperan besar dalam kemajuan perekonomian Aceh. Selain untuk meningkatkan pendapatan daerah, kerjasama ini juga mendorong penyerapan tenaga kerja lokal dan pemanfaatan infrastruktur publik sehingga dapat menggerakkan investasi daerah. Apabila pengelolaan berlangsung sukses, rencananya akan dibuka kesempatan-kesempatan bagi masyarakat setempat untuk dapat menjadi tenaga kerja lokal pada industri tersebut.

“Tentunya hal ini tidak terlepas dari dukungan penuh dari Pj Wali Kota Langsa beserta jajaran Forkopimda Kota Langsa dan Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kuala Langsa, Komandan Pos Angkatan Laut Kuala Langsa, General Manager PT PELINDO Regional Cabang Lhokseumawe yang terus mendampingi dan mengasistensi PT PEMA dalam melakukan operasi lifting Sulfurnya di Pelabuhan Kuala Langsa”, tambah Ali.

Seperti diketahui, Trading Sulfur Pelabuhan Kuala Langsa merupakan salah satu program eksplorasi potensi daerah melalui pengiriman komoditi Sulfur ke Riau. Pengaktifan Pelabuhan secara tidak langsung akan memperbaiki perekonomian sekitar.

Halaman:

Editor: Mustakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x