Setiap Muslim Pasti Merindukan Surga, Mengapa? Simak Penjelasan Tgk Mulyadi Berikut Ini

- 25 April 2024, 21:07 WIB
Tgk Mulyadi
Tgk Mulyadi /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Semua orang muslim yang normal pasti merindukan di akhir hidupnya menjadi orang yang baik dan dimudahkan masuk surga. Surga adalah puncak kenikmatan dan harapan setiap muslim dalam kehidupan di akhirat nanti. 

Memasuki surga tentu saja bukan sesuatu yang gratis dan mudah diperoleh. Banyak dalil yang menjelaskan keindahnya surga, sehingga jiwa dan pikiran manusia sulit menggambarkan kenikmatan tersebut yang bisa dirasakannya di dunia.

Baca Juga: Pentingnya Kearifan Lokal Dalam Proses Pembelajaran

Widyaprada pada Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Aceh Tgk. Mulyadi M. Ramli, S.Pd.I, M.Pd akan menyampaikan hal tersebut dalam khutbah Jumat di Masjid Jamik Silang Rukoh Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam, 26 April 2024 bertepatan dengan 17 Syawal 1445 H.

“Allah Swt telah memerintahkan kita untuk bersegera menuju kepada ampunan-Nya. Tentunya dengan bertaubat Allah akan mengampuni segala dosanya, namun demikian, bila seseorang terlambat untuk bertaubat sejak masih muda, lalu ketika sudah renta, lemah dan sakit-sakitan, baru tergerak untuk bertaubat, tentu tetap masih ada kesempatan,” ungkap alumni Dayah BUDI Lamno ini. 

Tgk. Mulyadi menambahkan, pintu taubat belum lagi ditutup, selama ajal masih dikandung badan dan selama matahari belum terbit dari barat (kiamat). Dalam hal ini Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya Allah akan menerima taubat seorang hambaNya selama belum tercabut nyawanya.” (HR. At-Tirmidzi).

Dengan banyak bertaubat kepada Allah, seorang muslim pantas saja mengharapkan surga-Nya yang digambarkan seluas langit dan bumi, yang hanya disediakan bagi orang yang bertaqwa. “Tentunya kita yang baru selesai malaksanakan berbagai kewajiban dalam rangka bertaubat memohon ampun dari segala dosa pasti tergolong yang yang bertaqwa yang disediakan surga oleh Allah,” ujarnya.

Tgk. Mulyadi menjelaskan ciri-ciri orang bertaqwa yang disediakan surga oleh Allah Swt sebagaiman dijelaskan dalam QS Ali Imran ayat 134: “(Yaitu) orang-orang yang selalu berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, orang-orang yang mengendalikan kemurkaannya, dan orang-orang yang memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan.” 

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x