3 Negara Eropa Ini Resmi Akui Negara Palestina

- 23 Mei 2024, 14:11 WIB
Persiden 3 Negara di Eropa Mengakui Secara Resmi Negara Palestina
Persiden 3 Negara di Eropa Mengakui Secara Resmi Negara Palestina /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Tiga negara di belahan Eropa yakni Irlandia, Norwegia dan Spanyol secara resmi telah mengakui negara Palestina. “Hari ini Irlandia, Norwegia dan Spanyol mengumumkan bahwa kami mengakui negara Palestina, masing-masing dari kami akan mengambil langkah nasional apa pun yang diperlukan untuk mewujudkan keputusan tersebut,” kata Perdana Menteri Irlandia Simon Harris pada konferensi pers di Dublin pada hari Rabu kemarin. 

Pengakuan ini membuat marah rezim Israel yang menarik duta besarnya dari negara-negara Eropa tersebut. “Saya yakin negara-negara lain akan bergabung dengan kami dalam mengambil langkah penting ini dalam beberapa minggu mendatang.” katanya.

Dia menambahkan bahwa langkah tersebut merupakan pernyataan “dukungan tegas” terhadap apa yang disebut solusi dua negara, yang dia gambarkan sebagai “satu-satunya jalan yang kredibel menuju perdamaian dan keamanan.”

Baca Juga: Sejumlah Tokoh Politik Ini Diprediksi Bakal Jadi Saingan Mualem di Pilkada 2024

Tak lama setelah pernyataan Harris, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dan Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Store mengatakan kedua negara akan mengakui negara Palestina mulai 28 Mei. Sanchez mengatakan sudah jelas bahwa “Perdana Menteri [Israel] Benjamin Netanyahu tidak memiliki proyek perdamaian untuk Palestina.”

Store, pada bagiannya, mencatat bahwa tidak akan ada perdamaian di kawasan Asia Barat jika tidak ada pengakuan. “Pengakuan resmi Norwegia atas Palestina sebagai sebuah negara akan mulai berlaku pada Selasa, 28 Mei 2024. Sejumlah negara Eropa lainnya juga akan secara resmi mengakui Palestina pada tanggal yang sama. Negara-negara ini akan membuat pengumumannya sendiri,” menambahkan pernyataan perdana menteri Norwegia.

Palestina menyambut baik pengakuan tersebut

Anggota parlemen Irlandia  Richard Boyd BarrettI: srael adalah rezim barbar dan Washington dan London adalah sponsor utamanya
Anggota parlemen Irlandia Richard Boyd BarrettI: srael adalah rezim barbar dan Washington dan London adalah sponsor utamanya

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Hussein al-Sheikh, menyambut baik keputusan Norwegia, Spanyol dan Irlandia untuk mengakui negara Palestina, dan menyebutnya sebagai “momen bersejarah.”

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah