Dampingi PJ Gubernur Sidak Pasar Paya Ilang Takengon, Kadis DKP Aceh Aliman: Hasil Sidak Harga Ikan Stabil

- 4 Juni 2024, 15:49 WIB
PJ Gubernur Aceh Bustami Hamzah melakukan kunjungan kerja ke Takengon dalam rangka melakukan pemantauan pasar dan pengendalian inflasi bersama sejumlah Penjabat Bupati, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Aceh, Kepala SKPA, dan Tim Pengendali Inflasi Daerah menyongsong Hari Ra Idul Adha 1445 H
PJ Gubernur Aceh Bustami Hamzah melakukan kunjungan kerja ke Takengon dalam rangka melakukan pemantauan pasar dan pengendalian inflasi bersama sejumlah Penjabat Bupati, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Aceh, Kepala SKPA, dan Tim Pengendali Inflasi Daerah menyongsong Hari Ra Idul Adha 1445 H /Hamdani/Abdussyakur/

PIKIRANACEH.COM - Penjabat (PJ) Gubernur Aceh Bustami Hamzah, SE.,M.Si bersama dengan sejumlah Penjabat Kepala Daerah, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Aceh, dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Aceh melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pasar secara bersamaan dalam rangka pengendalian inflasi.

Bustami Hamzah melancarkan Sidak Pasar untuk memantau stabilitas harga-harga kebutuhan sehari-hari di tingkat konsumen, terutama harga bahan pokok, di Pasar Paya Ilang, Takengon, Aceh Tengah, Selasa (04/06/2024).

Baca Juga: Bea Cukai Aceh Gagalkan 15 Juta Batang Rokok Ilegal, Kerugian Negara Rp 50 Miliar

Sidak tersebut dimaksudkan sebagai upaya pemerintah dalam menjaga stabilisasi harga dan stok pangan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H yang jatuh pada pekan depan dan saat pelaksanaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) umat Islam.

Strategi stabilisasi harga juga dilakukan dengan kegiatan Pasar murah yang dilakukan oleh Pemerintah Aceh di kota dingin itu untuk membantu masyarakat setempat memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau oleh daya beli atau dengan harga relatif lebih miring.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Aliman, S.Pi.,M.Si sebagai salah satu SKPA yang tergabung dalam TPID ikut serta bersama PJ Gubernur melakukan pengecekan stok dan harga ikan di Pasar Paya Ilang Takengon dan beberapa daerah lain yang menjadi sampling indikator tingkat inflasi disebabkan oleh harga ikan.

Berdasarkan data DKP Aceh, Aliman merincikan, harga beberapa jenis ikan hari ini [per Selasa, 04/06] di Pasar Takengon berkisar Rp25.000 - Rp80.000,- Harga Tuna Rp30.000/kg, Tongkol Rp20.000/kg, Geureghak Rp25.000/kg, Kembung Rp30.000/kg, Dencis Rp30.000/kg.

Sedangkan harga Cumi Rp70.000/kg, Bandeng Rp30.000/kg, udang Vanamei ukuran besar Rp80.000/kg, Vanamei ukuran kecil Rp70.000/kg, Nila Rp30.000/kg, dan Lele Rp25.000/kg.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah