Kolaborasi DKP Aceh dan UMKM Perikanan Perluas Pemasaran Produk

- 5 Juni 2024, 10:29 WIB
Bazar Produk Perikanan DKP Aceh kolaborasi dengan UMKM di halaman Rumah Ikan Higienis Gano kemarin
Bazar Produk Perikanan DKP Aceh kolaborasi dengan UMKM di halaman Rumah Ikan Higienis Gano kemarin /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan oleh pelaku usaha UMKM mengalami perbaikan dari waktu ke waktu, terutama pada aspek kegiatan pengolahan bahan baku ikan untuk menjadi produk yang memiliki nilai tambah.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh berkomitmen memberikan pembinaan dan pelayanan bagi peningkatan kapasitas usaha UMKM yang bergerak di sektor perikanan secara kontinyu dari hulu-hilir. Salah satu kegiatannya adalah memfasilitasi pemasaran produk ke berbagai lini.

Baca Juga: PJ Gubernur Aceh Buka Pasar Murah dan Pimpin Rapat Teknis Pengendalian Inflasi Daerah di Takengon

Kepala DKP Aceh Aliman, S.Pi.,M.Si melalui Kasub Koordinator Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Fitriani, S.Pi.,M.Si saat meninjau kegiatan bazar produk perikanan menyebut sebagai bentuk kolaborasi untuk mewujudkan sinergitas antara DKP dengan UMKM, kegiatan tersebut berlangsung di halaman Rumah Ikan Higienis, Selasa (04/06/2024)

Ia menambahkan, dari sinergitas ini kemudian diharapkan akan melahirkan sebuah tindakan bersama untuk saling bekerjasama, dan pelaku UMKM sebagai ujung tombak bagi industri pengolahan perikanan di Aceh.

DKP Aceh, kata Aliman lagi, memiliki komitmen untuk pemberdayaan masyarakat pesisir atau pelaku UMKM dengan segala kemampuan yang ada. "DKP memang lebih fokus pada kegiatan produksi sektor primer, namun UMKM adalah mitra DKP sejak dulu terutama di P2HP,"

Baca Juga: Dampingi PJ Gubernur Sidak Pasar Paya Ilang Takengon, Kadis DKP Aceh Aliman: Hasil Sidak Harga Ikan Stabil

Dia juga menuturkan, sebagai informasi, kolaborasi UMKM dan DKP telah berlangsung sejak lama (tahun 2003), banyak program-program pemberdayaan UMKM, pembinaan dan pendampingan telah dijalankan baik yang bersumber dari program pusat maupun daerah.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah