15 Tips Trading Saham Untuk Para Pemula Biar Cuan!

- 31 Maret 2024, 02:18 WIB
Ilustrasi robot trading Smart Wallet yang sedang heboh diperbincangkan scam.
Ilustrasi robot trading Smart Wallet yang sedang heboh diperbincangkan scam. /

PIKIRANACEH.COM | EKONOMI -  Hai Sobat Pikiran Aceh tahukah Anda? Saham saat ini merupakan salah satu produk paling populer di pasar modal. Banyak orang berinvestasi dan trading saham karena hasilnya mendatangkan keuntungan yang tinggi. Namun, Anda perlu mengetahui cara trading saham dan cara berinvestasi saham untuk mendapatkan keuntungan yang banyak.

Saat ini, trading saham harian semakin populer di kalangan investor karena memberikan keuntungan lebih cepat. Cara trading saham harian sepertinya tidak terlalu rumit yaitu menggunakan model jual beli saham berdasarkan penentuan harga saham harian.

 

Namun, trading saham harian diketahui berisiko tinggi, sehingga investor harus ekstra hati-hati agar tidak kehilangan uangnya. Untuk meminimalisir kemungkinan kerugian tersebut, Anda bisa mencoba tips dan cara trading saham harian yang akan dijelaskan pada artikel berikut ini.

Tips Trading Saham

Lantas, bagaimana caranya agar trading saham Sobat Grameds menguntungkan? Berikut adalah beberapa tips dan triknya.

1. Membuat Trading Plan

Cara trading saham harian berikutnya adalah trading plan atau rencana perdagangan saham yang digunakan sebagai pedoman bagi para trader dalam melakukan jual beli saham di Bursa Efek. Rencana trading itu sendiri terdiri dari empat elemen antara lain:

 
  • Daftar saham untuk trading.
  • Titik entry atau momen untuk membeli saham.
  • Titik exit atau momen untuk menjual saham.
  • Titik cut loss atau momen untuk menjual saham ketika harganya turun.

2. Memperhatikan Risk and Reward Setiap Trade

Risk Reward Ratio (R/R ratio) adalah indokator yang digunakan untuk mengukur perbandingan antara potensi keuntungan dan risiko dari suatu transaksi trading. Untuk mendapatkan nilai, Anda bisa membagi risiko kerugian dengan potensi keuntungan berdasarkan trading plan yang sudah dibuat sebelumnya. Secara matematis, rumus Risk Reward Ratio adalah sebagai berikut.

3. Disiplin dalam Menjalankan Trading Plan

Tips dan cara trading saham harian adalah disiplin menjalankan trading plan sesuai rencana. Hal ini memang tidak mudah dilakukan, apalagi karena sifat manusia terkadang mengambil keputusan berdasarkan pengaruh emosi ketimbang otak atau akal. Namun, Anda harus ingat bahwa disiplin akan memberi Anda pengembalian investasi yang maksimal.

4. Mulailah dengan Modal Kecil

Bagi yang baru trading, mulailah dengan modal kecil terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengukur peluang keuntungan yang akan diperoleh dan meminimalkan kerugian yang ditimbulkan.

Ketika keuntungan rendah, Anda tidak perlu kecewa. Yang terpenting, trading dengan cara yang benar untuk melihat hasilnya. Modal yang kecil ini juga tidak akan membuat Anda terlalu menyesal saat kalah.

Halaman:

Editor: Mustakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x