Bertemu PM Malaysia, Jokowi Bahas Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

- 11 Juni 2023, 18:50 WIB
Pertemuan Presiden Indonesia Jokowidodo  dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim
Pertemuan Presiden Indonesia Jokowidodo dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim /Ist/pikiranaceh

PIKIRANACEH.COM - Presiden Joko Widodo bertemu langsung dengan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim membahas sejumlah kerja sama antara Indonesia dan Malaysia di berbagai bidang.

Jokowi turut menyambut baik penyelesaian sejumlah Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua negara, di antaranya terkait perjanjian lintas batas atau border crossing agreement, perjanjian perdagangan perbatasan atau border trade agreement, sertifikasi halal, dan kerja sama promosi investasi.

 

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Joko Widodo dan PM Anwar juga membahas perlindungan pekerja migran Indonesia (PMI). Presiden Joko Widodo mengapresiasi komitmen PM Anwar untuk memperkuat perlindungan PMI dan juga penegakan hukum yang adil bagi para pekerja Indonesia.

 

Saya dan Pak Anwar sepakat untuk membentuk mekanisme khusus bilateral untuk menyelesaikan masalah-masalah pekerja migran Indonesia.

Saya juga mendorong Community Learning Center di Semenanjung segera diwujudkan, dan juga WNI yang ada di Depo Imigrasi juga bisa segera dipulangkan, serta one channel system harus dioptimalkan, tutur Presiden.

 

Terakhir, Presiden mendorong kolaborasi untuk melawan diskriminasi kelapa sawit dan juga komoditas lainnya untuk terus diperkuat. Menurut Presiden, ia sangat menghargai misi bersama yang dilakukan Indonesia-Malaysia ke Brussels.

 

Halaman:

Editor: Syahrul


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x