Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia Tetapkan Tanggal Idul Adha 2023 Berbeda

- 19 Juni 2023, 12:50 WIB
/Ilustrasi (dok. AFP/OZAN KOSE)

PIKIRANACEH.COM - Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan adanya penampakan bulan sabit Dhul Hijjah pada Minggu 18 Juni 2023 waktu setempat, yang menandai awal bulan Islam Zulhijah, salah satu bulan tersuci dalam kalender Islam.

Dengan penampakan itu, maka Riyadh menetapkan Idul Adha jatuh pada 28 Juni mendatang.

Seperti dilansir Alarabiya News, Senin 19 Juni 2023, Zulhijah adalah bulan ke-12 dan terakhir dalam kalender Islam, di mana umat Muslim dari seluruh penjuru dunia berkumpul di Mekah untuk menunaikan ibadah Haji -- salah satu dari Lima Rukun Islam.

Sembilan hari pertama Zulhijah dianggap sangat sakral, dengan hari ke-9 dikenal sebagai Hari Arafah. Pada hari itu, jutaan jemaah berkumpul di padang Arafah, dekat Mekah, dalam tindakan untuk menunjukkan iman dan pengabdian.

Di sini, mereka akan melakukan ritual ibadah haji yang penting, yakni berdiri dalam keadaan kontemplatif, berdoa dan bertobat. Disebutkan bahwa pada hari itu, dosa seseorang diampuni, yang menyimbolkan kelahiran kembali dan pembaruan secara spiritual.

Setelah Hari Arafah, umat Muslim sedunia akan merayakan Idul Adha, yang juga dikenal sebagai 'Hari Raya Kurban'. Hari besar Islam ini memperingati kesediaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya sebagai wujud ketaatan kepada Tuhan.

Pada akhirnya, Tuhan menyediakan seekor domba untuk dikorbankan, dalam intevensi Ilahi yang diingat dengan rasa syukur oleh umat Muslim setiap tahunnya.

Saat Idul Adha dirayakan, umat Muslim menjalankan ritual hewan kurban untuk mengenang peristiwa tersebut. Daging hewan yang dikurbankan itu kemudian dibagi menjadi tiga bagian; satu untuk keluar, satu untuk teman dan kerabat, dan satu lagi untuk orang miskin dan membutuhkan.

Tindakan semacam itu menggarisbawahi nilai-nilai empati, kedermawanan, dan masyarakat yang menjadi inti dari hari raya tersebut dan ajaran Islam.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x