Dahsyat, Sebagian Kota Libya Hilang Akibat Banjir Bandang, 5.000 Orang Tewas, 10.000 Hilang

- 13 September 2023, 14:10 WIB
Banjir Bandang Libya
Banjir Bandang Libya /Foto. REUTERS/Omar Jarhman)

PIKIRANACEH.COM - Badai besar menghantam Libya hingga merobohkan bendungan dan menyapu bersih seperempat kota Derna di bagian timur.

Jumlah korban tewas akibat banjir dahsyat di Libya timur diperkirakan akan melonjak secara drastis, mengingat sekitar 10.000 orang dilaporkan hilang.

Perdana menteri pemerintahan yang berbasis di timur telah melaporkan lebih dari 2.000-5.0000 orang diperkirakan tewas. 

Setidaknya 1.000 jenazah telah ditemukan di Kota Derna saja. Para pejabat memperkirakan jumlah korban tewas akan jauh lebih tinggi,

setelah Badai Daniel melanda Mediterania menuju negara yang hancur akibat konflik selama lebih dari satu dekade.

“Saya kembali dari Derna. Ini sangat berbahaya. Mayat-mayat tergeletak di mana-mana–di laut, di lembah, di bawah gedung,” Hichem Chkiouat, menteri penerbangan sipil dan anggota komite darurat, mengatakan kepada Reuters melalui telepon.

“Jumlah jenazah yang ditemukan di Derna lebih dari 1.000,” ujarnya. Dia memperkirakan jumlah korban akhirnya akan “sangat, sangat besar.”

“Saya tidak melebih-lebihkan ketika saya mengatakan bahwa 25 persen kota telah hilang. Banyak sekali bangunan yang runtuh.”

Seorang jurnalis Reuters dalam perjalanan ke Derna melihat kendaraan terbalik di tepi jalan, pohon tumbang, dan rumah-rumah terbengkalai dan terendam banjir. Konvoi bantuan dan bantuan sedang menuju ke kota.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x