Survei Terbaru: 38,1% Pemilih AMIN dan 36,5% Pemilih Prabowo Setuju Pemilu 2024 Diwarnai Kecurangan

- 25 Februari 2024, 21:09 WIB
Ilustrasi Pemilu 2024. Update real count Pilpres 2024 di Banten.
Ilustrasi Pemilu 2024. Update real count Pilpres 2024 di Banten. /Kabar-tasikmalaya.com/dok antara

PIKIRANACEH.COM - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil terbaru terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI), 38,1% pemilih pasangan Capres Anies Baswedan dan Cak Imin atau AMIN setuju Pemilu 2024 diwarnai kecurangan.

Target populasi survei ini adalah WNI yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD), artinya teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD, sampel sebanyak 1.211 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei ±2,9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

"Kami bertanya juga tentang berita-berita yang sedang marak ya, banyaknya kecurangan dalam pemilu. Nah cara kami bertanya adalah 'Ada yang berpendapat bahwa Pemilu 2024 diwarnai banyak kecurangan apakah para responden setuju dengan pendapat tersebut?" kata Direktur LSI Djayadi Hanan di akun YouTube LSI, pada Minggu 25 Februari 2024.

LSI kemudian melakukan pendalaman apakah penilaian tersebut bergantung pada pilihan salah satu pasangan. Ia menilai dari ketiga pasangan, pemilih AMIN termasuk tinggi memandang pemilu kali ini diwarnai dengan kecurangan.

"Kalau kita lihat apakah penilaian ini cenderung partisan atau tidak, ya jawabannya cenderung iya ya. Jadi memang para pemilih Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar itu proporsi yang menilai pemilu curang itu lebih banyak," ujar Djayadi.

"Jadi yang menilai pemilu curang itu lebih banyak proporsinya di pemilih Anies, tapi cukup banyak juga di pemilih Prabowo lalu baru ke Ganjar," ungkapnya.

Djayadi mengatakan pernyataan terkait dugaan kecurangan tersebut tak spesifik ke salah satu pasangan. Jika digabungkan, katanya, pendukung Anies dan Ganjar Pranowo memandang Pemilu 2024 diwarnai kecurangan.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x