Serangan Iran Berhasil Mengenai Pangkalan Udara Israel Yang Digunakan Untuk Menyerang Gaza

- 14 April 2024, 14:29 WIB
Caption: Serangan ratusan drone dari Iran ke Israel.
Caption: Serangan ratusan drone dari Iran ke Israel. /X @Drduet56/

Pikiraceh.com | Internasional- Serangan Iran Berhasil Mengenai Pangkalan Udara Israel Yang Digunakan Untuk Menyerang Gaza. Serangan yang dilakukan Iran pada Minggu (14/4/2024) dianggap sebagai aksi balas dendam Iran atas serangan Israel yang menewaskan seorang komandan Militer Iran dan anak buahnya di Damaskus awal bulan ini.

IDF (Israel Defense Forces) mengakui bahwa sejumlah kecil rudal Iran telah menghantam wilayah Israel, termasuk sebuah pangkalan udara di selatan yang digunakan untuk operasi militer terhadap Gaza. 

Serangan ini merupakan bagian dari operasi balasan Iran yang luas, yang melancarkan serangan dengan rudal dan drone terhadap target-target di Israel. Menurut laporan dari The Guardian, lebih dari 200 rudal dan UAV (Unmanned Aerial Vehicles) telah diluncurkan oleh Iran. Serangan ini dianggap sebagai tindakan balasan Iran atas serangan Israel yang menewaskan seorang komandan militer Iran dan anak buahnya di Damaskus awal bulan ini.

Dari Situasi ini menandai pertama kalinya Iran menargetkan Israel secara langsung dari tanah mereka sendiri setelah bertahun-tahun melakukan perang proksi melalui afiliasi mereka, termasuk Hizbullah dan Hamas.

ABC News menyampaikan bahwa Komunitas internasional, termasuk Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Inggris Grant Shapps, telah menanggapi dengan mengutuk serangan tersebut dan menawarkan dukungan kepada Israel.

Editor: Helmiyadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x