Saudi dan Sejumlah Negara Arab Umumkan Idul Fitri pada Rabu 10 April 2024

- 9 April 2024, 17:52 WIB
Pemantauan Rukyatul Hilal.(Foto: Mahkamah Ulya)
Pemantauan Rukyatul Hilal.(Foto: Mahkamah Ulya) /

PIKIRAN ACEH, MAKKAH – Mahkamah Agung Arab Saudi memutuskan, Selasa, 9 April 2024, adalah tanggal 30 Ramadhan 1445H, karena tidak terlihat hilal pada Senin sore, sehingga Rabu 10 April 2024 adalah hari pertama Idul Fitri 1445.

Negara-negara di kawasan Arab dan sekitarnya mengumumkan hal yang sama, seperti Yaman, Irak, Iran, Lebanon, Suriah, Palestina, Kuwait, Bahrain, UEA, Mesir, Tunisia, Aljazair, Oman dan Yordania, Elwatan melaporkannya.

Komite Rukyatul Hilal di Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Qatar mengumumkan hal sama, Selasa, 9 April, merupakan lanjutan bulan suci Ramadhan, dan Rabu 1 Syawwal 14456 H.

Baca Juga: Hasil Sidang Isbat: Pemerintah Tetapkan Idul Adha Pada 29 Juni 2023

“Bulan sabit tidak terlihat di Arab Saudi. Oleh karena itu, Idul Fitri akan dirayakan pada hari Rabu, 10 April 2024," bunyi pengumuman oleh Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi.

Sementara itu, Uni Emirat Arab, Qatar, hingga Nigeria juga mengumumkan hal yang sama, di mana perayaan Idul Fitri yang biasanya dirayakan dengan pertemuan keluarga akan dimulai pada Rabu besok.

Baca Juga: Sidang Isbat Awal Syawal 1445 H Digelar Hari Ini

Dengan ditetapkannya Hari Raya Idul Fitri ini, maka bulan Ramadan secara resmi berakhir di sebagian negara-negara di dunia.

Di benua lainnya, Dewan Fatwa Australia mengumumkan, Rabu akan menjadi hari pertama Idul Fitri di Australia, berdasarkan konfirmasi perhitungan astronomi.

Halaman:

Editor: Yusmadi Yusuf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x