Letusan Gunung Ruang di Sulawesi Utara Juga Terkena Dampak Penerbangan Malaysia

- 18 April 2024, 17:40 WIB
Gunung Ruang mengeluarkan abu vulkanik saat terjadi erupsi di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu (17/4/2024)
Gunung Ruang mengeluarkan abu vulkanik saat terjadi erupsi di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu (17/4/2024) /antara foto

Pikiraceh.com | Bencana Alam- Letusan gunung Ruang di Sulawesi Utara telah menyebabkan penutupan lapangan terbang Sam Ratulangi di Manado. Penerbangan dari Manado ke berbagai destinasi seperti Jakarta, Makassar, dan Sorong, serta penerbangan dari China dan Ternate mengalami gangguan. 

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunung Ruang ke Tahap IV atau ‘Amaran’ sejak Rabu pagi (17/4/2024).

 

Hasil catatan instrumental yang dirilis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), pada tanggal 16 April 2024 pukul 21.45 WITA, Gunung Ruang mengalami erupsi eksplosif dengan estimasi tinggi kolom mencapai 2.000 meter dari puncak. Kondisi itu terus meningkat hingga kolom abu mencapai 2.500 meter dari puncak pada tanggal 17 April 2024 pukul 01.08 WITA.

Letusan gunung tersebut juga berdampak pada penerbangan Malaysia Airlines yang telah membatalkan 19 penerbangan yang dijadwalkan dari dan menuju Sabah dan Sarawak akibat erupsi Gunung Ruang.

 

 Penerbangan yang terpengaruh termasuk rute dari Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) ke Sabah dan Sarawak. Penumpang yang terkena dampak pembatalan penerbangan akan diakomodasi pada penerbangan alternatif setelah situasi membaik.

Halaman:

Editor: Helmiyadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x